ITS Ajak Siswa SD Mengenal Dunia Arsitektur

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 17 Februari 2016 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 17 65 1314231 its-ajak-siswa-sd-mengenal-dunia-arsitektur-kY7FgVwK65.jpg Mahasiswa ITS kenalkan dunia Arsitektur pada siswa SD. (Foto: Dok. ITS)

JAKARTA - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkenalkan dunia arsitektur kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD). Cara yang digunakan cukup unik, yakni dikemas dengan permainan "Main Orange".

Pada permainan tersebut, siswa-siswi SD diajak bermain dengan kisah seolah-olah ada sebuah keluarga kecil yang ingin merenovasi rumah. Namun karena banyaknya keinginan dari anggota keluarga, dipanggillah seroang arsitek untuk membantu. Sang arsitek pun memenuhi keinginan semua anggota keluarga untuk merenovasi rumah mereka.

"Tak hanya permainan, acara yang baru pertama kali digelar ini juga menyajikan berbagai lomba dan cerita. Kebetulan tema hari ini adalah Play. Anak-anak kan dunianya bermain, lebih enak mengajarkan lewat permainan agar mereka paham dan mau belajar," ungkap Ketua Panitia, Irfan Falih Mahdi seperti dinukil dari laman ITS, Rabu (17/2/2016).

Selain memperkanalkan dunia arsitektur melalui permainan, para mahasiswa juga memperkenalkan beberapa tokoh arsitektur dunia. Di antara nama yang mereka sebut adalah Ridwan Kamil dan Sou Fujimoto.

"Supaya pengetahuan anak-anak lebih luas, tidak hanya arsitek di Indonesia saja yang mereka tahu," ujarnya.

Irfan menambahkan penting bagi anak-anak untuk bisa mengenal dunia arsitektur sejak dini. Karena ilmu seputar arsitektur bukan sekadar tentang bangunan.

"Arsitektur bukan sekadar bikin rumah dan gedung, perlu perencanaan dan manajemen waktu yang baik. Penting bagi mereka untuk tahu itu semua," imbuhnya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini