Kisah Jang Yeong Jin, Tentara Gay dari Korut Kabur ke Korsel

Dara Purnama, Okezone · Kamis 18 Februari 2016 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 18 18 1315627 kisah-jang-yeong-jin-tentara-gay-dari-korut-kabur-ke-korsel-AGrPeHDU92.jpg Jang Yeong Jin, pembelot ganda dari Korea Utara. (Foto: Telegraph)

PYONGYANG - Ini adalah kisah perjuangan pembelot ganda, baik dari segi kewarganegaraan dan orientasi seksual. Seorang tentara asal Korea Utara (Korut), yang kabur ke negara tetangga dan bertempur dengan fakta bahwa dirinya adalah pemilik orientasi seksual menyimpang.

Untuk standar orang Korut, Jang Yeong Jin sebenarnya memiliki kehidupan normal. Ia bergabung dengan dunia militer ketika berumur 19 tahun. Menghabiskan waktu 10 tahun mengabdi sebagai tentara nasional, ia langsung menikah.

Jang Yeong Jin saat ini menjadi aktivis gay di Korea Selatan (Korsel). Ia merasa terjebak ketika ia tinggal di Korut apalagi pada saat itu, ia sedang dilanda masalah dengan pernikahannya sehingga momen itu menjadi dorongan kuat yang menuntutnya untuk membelot ke Korsel.

Baginya, Korut ibarat penjara besar tanpa jeruji besi. Ketika ia menyeberangi perbatasan menuju Korsel dan menghabiskan waktu dengan masyarakat yang lebih terbuka. Ia merasakan dirinya adalah seorang homoseksual. Hal yang belum pernah ia kenal sebelumnya ketika di Korut. Pria 55 tahun ini menjadi satu-satunya gay pembelot dari Korut yang tinggal di Korsel.

“Saya sangat malu pada awalnya untuk mengakui bahwa saya membelot (ke Korsel) karena saya tidak memiliki daya tarik seksual kepada istri saya. Saya tidak bisa menjelaskannya sebelumnya karena banyak hal yang mengganggu saya,” katanya kepada New York Times Juni lalu dan dilansir oleh The Guardian, Kamis (18/2/2016).

“Saya tidak tahu hal ini sampai saya berada di sini (Korsel) bahwa saya berorientasi gay atau homoseksual,” sambung dia.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini