nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sulap Kulit Kacang Jadi Bahan Bakar Alternatif

Nur Syafei, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2016 18:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 18 65 1315371 sulap-kulit-kacang-jadi-bahan-bakar-alternatif-XyFVrJwnRx.jpg Ilustrasi: Shutterstock

SURABAYA - Mengemil kacang kulit tentu sudah umum dilakukan banyak orang. Namun tidak banyak orang menyulap kulit kacang menjadi bahan bakar alternatif.

Inilah yang dilakukan dua mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya, Jawa Timur. Candra Kharisma dan Taufik Imanudin mengolah kulit kacang dan sampah organik menjadi briket. Mesin pengolah pun merupakan karya keduanya.

Inovasi briket kulit kacang ini mampu menggantikan gas elpiji dan dipakai untuk memasak. Selain bahan baku pembuatan briket ini mudah diperoleh, lingkungan pun menjadi bersih.

Candra dan Taufik mengaku, riset yang mereka lakukan berawal dari keprihatinan banyaknya sampah organik yang tidak bermanfaat dan terbuang percuma di perkampungan. "Dari situ kami mempunyai ide untuk membuat mesin pengering yang bisa menghasilkan bahan bakar alternatif dari bahan sampah," ujar Candra.

Komponen mesin briket ini, kata Candra, terdiri dari pemanas induksi motor AC-DC dan exhaust fan. Sedangkan daya listrik yang dipakai untuk memanaskan mesin sekira 350 watt.

Dia menjelaskan, mesin ini bekerja dengan memproses sampah organik, yaitu daun kering dan kulit kacang, menjadi serbuk arang kecil-kecil. Selanjutnya, serbuk arang tersebut dicampur lem untuk dicetak berbentuk bulat.

"Setelah keras, briket siap dipakai untuk bahan bakar memasak. Temuan bahan bakar alternatif ini diharapkan bisa menghemat pemakaian gas elpiji pada masyarakat," imbuh Candra.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini