Share

Obama Disebut Berdarah Budak, Abe Keluarkan Teguran Keras

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 19 Februari 2016 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 19 18 1316404 obama-disebut-berdarah-budak-abe-keluarkan-teguran-keras-wZjMbx57Qb.jpg Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengeluarkan teguran keras kepada anggota parlemennya yang menyatakan Obama memiliki darah budak (Foto: Getty Images)

TOKYO – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengeluarkan teguran keras usai seorang anggota parlemen Negeri Sakura memicu keributan dengan mengatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memiliki ‘darah budak’.

Kazuya Maruyama yang berasal dari Partai Demokratik Liberal –partai Shinzo Abe, mengeluarkan pernyataan memalukan tersebut pada Rabu 17 Februari dalam sidang parlemen. Sebagai seorang yang dipilih oleh rakyat, Abe memintanya untuk memiliki disiplin diri.

Presiden Obama sendiri merupakan anak seorang perempuan AS berkulit putih dan ayah seorang berkulit gelap asal Kenya yang pergi ke Negeri Paman Sam sebagai pelajar. Pernyataan Maruyama itu dibuat saat diskusi evolusi AS hingga menjadi negara superpower dunia.

“Saat ini di AS, seorang berkulit hitam menjabat sebagai presiden. Dengan memiliki darah seorang kulit hitam. Ini berarti budak. Tidak pernah terpikirkan saat negara itu didirikan seorang kulit hitam, budak, dapat menjadi presiden. Betapa evolusi AS sangat dinamis,” ujar Maruyama, seperti dilansir BBC, Jumat (19/2/2016).

Maruyama sendiri langsung menyampaikan permintaan maaf ketika ditanyai oleh wartawan terkait komentarnya. Namun, oposisi parlemen mengajukan protes pada Kamis 18 Februari dan memintanya untuk mengundurkan diri.

Protes dari oposisi tersebut sampai ke telinga Abe. “Kita harus lebih menyadari bahwa kita telah dipilih oleh rakyat. Disiplin diri mutlak diperlukan karena pernyataan kita punya pengaruh,” jawab pria 61 tahun itu.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini