Image

Masyarakat Diminta Cermat Pilih Sekolah Pilot

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2016, 21:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 19 338 1316704 masyarakat-diminta-cermat-pilih-sekolah-pilot-YzldTg98mZ.jpg Foto:Ist

JAKARTA – Menjadi seorang pilot adalah impian banyak orang sejak kecil namun tidak banyak yang tahu apa saja proses yang harus dilalui untuk menjadi seorang pilot.

Sebagai seorang calon pilot, bahasa Inggris adalah sesuatu hal yang wajib, karena Anda akan berkomunikasi dengan pihak ATC (Air Traffic Controller) bandara.

“Ingat, jika ada sekolah pilot yang menerima Anda padahal ada salah satu dari persyaratan yang tidak Anda penuhi, itu patut dicurigai karena ada kemungkinan sekolah pilot tersebut tidak peduli dengan karier Anda,“ ujar Direktur www.sekolah-pilot.com, Birgita Adelia dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Dia meminta masyarakat yang hendak merintis karier sebagai pilot untuk mempelajari dan membedakan antara sekolah pilot yang bagus dengan yang tidak.

"Bandara merupakan elemen paling krusial dalam proses belajar seorang pilot. Jika sekolah yang Anda pilih menggunakan bandara yang lalu lintas udaranya ramai, besar kemungkinan waktu tunggu Anda menjadi lebih panjang," ungkapnya.

Dia menyarankan untuk memilih sekolah yang mepunyai fasilitas bandara pribadi sehingga tidak ada gangguan untuk proses lepas landas dan mendarat.

"Anda harus menanyakan berapa perbandingan antara jumlah pesawat latih dan jumlah siswanya,"sambungnya

Menurutnya, badan penerbangan internasional atau International Civil Aviation Organization (ICAO) menyarankan bahwa idealnya satu pesawat digunakan untuk lima siswa. 

Dia juga menemukan bahwa banyak sekali calon pilot dan orangtuanya yang awam dalam memilih sekolah pilot sehingga banyak yang asal pilih dan menyesal kemudian.

"Sehingga waktu tunggu tiap siswa jadi lebih sedikit. Jangan mau memilih sekolah yang menggunakan sati pesawat untuk 15 siswa karena waktu yang Anda butuhkan untuk lulus jadi lama," tukasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini