Angkatan Laut Selamatkan 700 Imigran, Empat Orang Tewas

ant, · Selasa 23 Februari 2016 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 23 18 1319612 angkatan-laut-selamatkan-700-imigran-empat-orang-tewas-VwV8nRJPV0.jpg Ilustrasi. Dok Okezone

ROMA - Lebih dari 700 imigran diselamatkan dari enam kapal bocor di laut antara Tunisia dan Sisilia, Selasa (23/2/2016). Sementara empat orang ditemukan tewas.

Lebih dari 400 imigran tewas di Laut Tengah sepanjang tahun ini, ketika orang-orang masih terus mencoba menyeberang masuk Eropa di tengah musim dingin yang buruk dalam tahun kedua krisis migrasi terbesar Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Lebih dari 110 ribu orang, banyak di antaranya lari dari perang dan kemiskinan di Afrika dan Timur Tengah, tiba di Yunani dan Italia tahun ini. Angka tersebut meningkat tajam dibandingkan 2015, kata Organisasi Migrasi Internasional (IOM).

AL Italia mengatakan salah satu kapal mereka membantu tiga kapal, menemukan 403 korban selamat dan empat mayat. Kapal yang lain menyelamatkan 219 orang dari dua perahu dan kapal ketiga mengkoordinasikan penyelamatan 105 migran dari kapal yang tengah tenggelam.

Pihak AL tidak menyebutkan kewarganegaraan para migran atau informasi lain terkait identitas mereka. Cuaca buruk mengurangi jumlah migran yang mendarat bulan lalu di Yunani, pintu gerbang utama ke Eropa bagi para migran. “Namun jumlah itu masih sekira 40 kali lebih tinggi dibandingkan Januari lalu,” kata badan perbatasan Uni Eropa, Frontex.

Sebagian besar migran tersebut berasal dari Suriah, Irak, dan Afghanistan, sementara sebagian besar yang masuk Eropa melalui Italia berasal dari Nigeria, menurut Frontex. Italia pada Senin menyerukan pembagian pendanaan, termasuk dengan mengeluarkan obligasi UE, bagi kebijakan bersama untuk mengatur perbatasan luar dan menghadapi krisis migran.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini