nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOPKAMPUS: Kuliah Sambil Kerja, Pertimbangkan Hal ini

Selasa 23 Februari 2016 19:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 02 23 65 1319352 topkampus-kuliah-sambil-kerja-pertimbangkan-hal-ini-szzY0HwFRX.jpg Ilustrasi: Shutterstock

SOLO - Beban kuliah dengan tumpukan tugas saja sudah cukup berat, apalagi ditambah kesibukan bekerja di kantor. Namun bagi sebagian orang, pilihan ini harus dijalani karena satu dan lain hal.

Nah, jika kamu berencana kuliah sambil bekerja, pertimbangkan lima hal berikut ini, seperti dilansir Harian Jogja, Selasa (23/2/2016).

Pilih Jenis Pekerjaan

Memilih pekerjaan sampingan saat masih menyandang status mahasiswa merupakan hal yang cukup rumit. Jika Anda ingin menjalani suatu pekerjaan, ada baiknya jika pekerjaan tersebut berkaitan dengan bidang ilmu yang Anda pelajari.

Sebagai contoh, jika Anda adalah mahasiswa jurusan desain, pekerjaan sebagai desainer secara part time patut Anda pertimbangkan. Dengan seperti itu, Anda akan mendapat penghasilan sekaligus pengalaman. Pengalaman tersebut menjadi penting di masa mendatang, ketika Anda ingin mencari pekerjaan yang sesungguhnya.

Atur Waktu

Manajemen waktu merupakan hal yang sangat sulit untuk diterapkan sebagian besar mahasiswa. Anda harus dapat mengatur waktu Anda sendiri dengan tegas dan konsisten. Ada baiknya jika Anda menentukan waktu terbaik untuk diri Anda, agar menghasilkan sesuatu.

Misalnya, jika Anda merasa pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengerjakan tugas dan waktu yang paling pas untuk bekerja adalah saat malam, maka lakukan hal itu secara maksimal. Anda dapat mencari pekerjaan dengan jam kerja malam, begitu juga sebaliknya. Tentu saja, Anda harus melakukan hal itu dengan disiplin.

Lokasi Kerja

Lokasi Anda bekerja merupakan hal penting untuk dipertimbangkan. Memilih tempat bekerja dekat dengan kampus merupakan pilihan yang baik. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot dan membuang waktu untuk datang ke tempat kerja.

Selain itu, jika tempat kerja Anda berada di area kampus, calon bos biasanya mengerti tentang rutinitas mahasiswa. Jika Anda sedang dalam masa ujian, maka ia akan mengerti dan memberi sedikit kelonggaran. Dengan begitu, dua tanggung jawab yang Anda jalani akan terlaksana dengan lancar.

Curi Waktu

Dalam menjalani dua tanggung jawab sekaligus, Anda harus pandai mencuri waktu. Di sela waktu luang pekerjaan atau setelah tanggung jawab Anda selesai, ada baiknya Anda segera mengerjakan tugas lain.

Bahkan, Anda dapat belajar di tempat kerja saat sedang tidak memiliki tanggung jawab di tempat tersebut. Bawa selalu buku dan peralatan kuliah di mana pun dan kapan pun. Dengan begitu, Anda akan dapat menyeimbangkan status sebagai mahasiswa dan pekerja dengan baik.

Istirahat Sejenak

Menjalani dua tanggung jawab yang besar bukan hal mudah. Sesekali Anda pasti merasa jenuh dan lelah. Jika perasaan itu datang, maka beristirahatlah.

Anda bisa saja rehat dengan berlibur ke tempat indah sejenak atau sekadar beristirahat di rumah. Jangan pernah memaksakan sesuatu. Karena jelas saja, sesuatu yang sudah terlampau menjenuhkan akan menimbulkan hasil yang buruk jika terus saja dipaksakan.

Lebih baik, istirahatkan badan dan pikiran Anda sejenak. Kemudian, siapkan energi ekstra untuk mencapai hal yang lebih baik dari sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini