nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPAD DIY Temukan Naskah Kuno Berumur Ratusan Tahun

Markus Yuwono, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2016 15:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 24 340 1320240 bpad-diy-temukan-naskah-kuno-berumur-ratusan-tahun-UD8ab0xzBN.jpg Potret Herman Willem Daendels (foto: Wikipedia)

YOGYAKARTA - Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menemukan naskah kuno kumpulan surat dari Herman Willem Daendels dan Hamengkubuwono II, yang berusia ratusan tahun. BPAD akan terus melacak arsip yang masih tersimpan baik di dalam maupun luar negri.

Kepala BPAD DIY, Budi Wibowo, mengatakan, naskah yang ditulis tahun 1881 terdiri dari 50 lembar berisi korespoendensi antara Daendels sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada saat itu dan HB II sebagai raja.

Menurut dia, naskah itu ditemukan saat pindahan BPAD ke Grhatama Pustaka, Jalan Janti, Banguntapan, Bantul. "Penemuan ini seperti harta karun tak ternilai karena kita sudah lama mencari keberadaan naskah tersebut," kata Budi saat dihubungi Okezone, Rabu (24/2/2016).

Naskah berisi kumpulan surat tersebut ditulis dalam bahasa Belanda dan kondisinya masih dalam keadaan bagus. Nantinya akan diterjemahkan dan dikaji oleh sejarawan. "Semua tertulis dalam bahasa Belanda dan saat ini sedang dalam proses penterjemahan," jelasnya.

Pihaknya akan melakukan digitalisasi terhadap temuan tersebut. Naskah akan diletakkan dalam kotak penyimpanan agar tidak rusak. "Sejak 2014 kita sudah siapkan kotak untuk menyimpan koleksi lama," katanya.

BPAD juga melacak koleksi tentang Yogyakarta yang disimpan di museum Inggris. Saat ini sedang menunggu pengiriman dalam bentuk digital, sebab Perpusatakaan Inggris di London sudah mengkonfirmasikalau digitalisasi sudah selesai.

"Tinggal kita menunggu saja kiriman, kita diminta meyiapkan portabel hard drive nanati akan dikirimkan ke kita," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini