Din Syamsuddin Akui Pendidikan Islam Belum Sentuh Penanaman Akhlak

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 24 Februari 2016 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 24 65 1320375 din-syamsuddin-akui-pendidikan-islam-belum-sentuh-penanaman-akhlak-U6luvDMpxp.jpg Din Syamsudin (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggodok konsep pendidikan Islam di Indonesia agar dapat mengarah ke jenjang yang lebih maju.

"Pada dasarnya pendidikan Islam walaupun ada yang maju tapi belum sampai pada tahap pendidikan Islam yang value-nya hanya bersifat pengajaran. Transfer ilmu Islam dari guru ke murid belum sampai pada penanaman akhlak," ujar Din di gedung MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (24/2/2016).

Atas dasar tersebut, pihak MUI tengah mematangkan konsep revitalisasi di bidang pendidikan agar Islam dapat memberikan kontribusi lebih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan program revolusi mental pemerintah saat ini.

"Maka dengan revolusi mental dari pemerintah kita dorong Islam ikut jadi bagian menentukan arah bangsa, dan konsep ini akan kita perbaiki. Untuk menghasilkan sumber daya insani yang kompetitif di tengah MEA dan ASEAN yang sudah mulai masuk ke Indonesia, maka Islam harus menghasilkan output," jelasnya.

Saat ini pihak Dewan Pertimbangan MUI tengah membahas kurikulum yang tepat untuk pendidikan di Indonesia agar dapat menghasilkan output sebelum diserahkan kepada pimpinan MUI.

"Biasanya selesai rapat pleno MUI, rapat satu, dua kali rapat untuk membahas lebih lanjut, dan akan diserahkan ke pimpinan agar dapat diobrolkan ke ormas yang lain sebelum disetujui," tukasnya.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini