nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Bencana, Warga Merapi Kembangkan SMS Gateway

Markus Yuwono, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2016 23:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 02 25 510 1321648 antisipasi-bencana-warga-merapi-kembangkan-sms-gateway-ZQgKOkbGUJ.jpg Gunung Merapi (Foto: Ilustrasi)

YOGYAKARTA - Untuk memudahkan penyampaian jika terjadi bencana warga Dusun Srondokan dan Gungan yang kini tinggal di Hunian Tetap Wukirsari Cangkringan Sleman, DIY mengembangkan SMS Gateway. Selain SMS mereka mengembangkan website untuk mengabarkan tentang situasi dusun mereka ke masyarakat luar

Kepala Dukuh Gungan-Srodokan Totok Hartanto mengatakan, saat ini sudah terdaftar sebanyak 121 nomor warga yang menjadi anggota forum SMS Gateway. Nomor tersebut nantinya akan menerima pemberitahuan bilamana terjadi bencana, atapun pemberitahuan rapat. "SMS ini sudah mulai sejak awal 2016," katanya kepada wartawan, Kamis (25/2/2016)

Diakuinya, saat ini sudah ada berbagai peralatan untuk memberitahukan mengenai jika terjadi bencana seperti EWS Merapi, handy talky, dan juga pengeras suara Masjid. Namun itu dirasakan belum bisa cepat memberitahukan situasi darurat.

Totok menjamin meski ada SMS Gateway, namun komunikasi antarwarga tetap berjalan baik. Ia mencontohkan, apabila ada pemberitahuan hajatan masih mendatangi satu per satu warga tidak hanya melalui SMS.

"Kalau handphone kan hampir semua warga memiliki," katanya

Selain itu, mereka mengembangkan website www. wukirsari-sleman.sid.web.id.Web untuk menginformasikan perkembangan dusun mereka. "Cita-cita kami sederhana hanya ingin memberikan informasi kepada dunia luar termasuk warga yang merantau jika kangen bisa melihat melalui website," katanya.

Web tersebut juga berisi tentang informasi mengenai memiliki data warga yang tinggal di hunian tetap tersebut. "Apabila terjadi apa-apa (bencana) data bisa diselamatkan," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini