nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penanganan Teroris Indonesia Jadi Role Model Dunia

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2016 15:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 02 26 337 1322103 penanganan-teroris-indonesia-jadi-role-model-dunia-BxBC1ghB0C.jpg Sekretaris Kabinet Pramono Anung

JAKARTA - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan negara-negara asing mengapresiasi penanganan teroris di Indonesia. Terutama saat terjadi bom di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, yang bisa diselesaikan hanya dalam hitungan jam.

Saat ini, kata Pramono, Indonesia dijadikan contoh oleh negara asing dalam penanganan teroris. Mereka ingin banyak tahu dan belajar bagaimana kesigapan aparat kepolisian dalam mengatasi teror.

"Karena Indonesia sekarang ini menjadi role model dunia, sebagai Islam terbesar, negara demokrasi terbesar ketiga. Kemudian juga bisa menyelesaikan soal teror di Thamrin dalam waktu yang singkat. Kita dijadikan role model dalam hal itu," ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (26/2/2016).

Karena itu, Pramono mengatakan dalam perhelatan KTT ASEAN US di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanfaatkan betul kepada negara-negara peserta dengan menyampaikan kehebatan Indonesia pada saat adanya teror tersebut.

"Presiden Jokowi mendapatkan ruang untuk menyampaikan ini," katanya.

Seperti diketahui, teror di kawasan Jalan MH Thamrin dilakukan oleh empat pelaku. Keempatnya tewas dalam kejadian itu. Ada yang karena kena tembak petugas, ada juga lantaran kena bom yang mereka ledakkan. Kelompok radikal ISIS mengklaim sebagai dalang di balik aksi teror di kawasan Jalan MH Thamrin itu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini