nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Empat PTN Baru Siap Dipilih di SNMPTN 2016

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2016 10:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 01 65 1325117 empat-ptn-baru-siap-dipilih-di-snmptn-2016-45TcTSY26Y.jpg Ilustrasi: eventsstyle

JAKARTA - Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016, sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) yang sudah dinegerikan mulai menerima mahasiswa lewat jalur ini. Hal tersebut memperkaya pilihan peserta, baik untuk kampus, maupun program studi (prodi)

Terdapat 13 perguruan tinggi negeri (PTN) baru yang menjadi pilihan dalam SNMPTN 2016. Berikut ini rincian empat dari 13 kampus negeri baru yang bisa dipilih calon peserta jalur undangan. Keempat PTN ini berada di kawasan Sumatera dan Kalimantan.

1. Universitas Samudera (Unsam)

Kampus ini berada di Aceh Timur. Setelah menjadi PTN, Unsam telah menjalin kerjasama dengan berbagai universitas, dan memiliki dosen berkualitas tamatan ITB, ITS, UGM, IPB, UI, USU, Unsyiah dan PTN lainnya di Indonesia. Tahun ini, Unsam membuka 25 prodi yang bisa didaftar peserta SNMPTN, terdiri atas 15 prodi IPA dan 10 prodi IPS.

2. Universitas Teuku Umar (UTU)

UTU menjadi kampus negeri sejak 2014 melalui Keputusan Presiden yang ditandatangani oleh Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Terdapat tujuh prodi IPA dan empat prodi IPS yang bisa dipilih peserta pada SNMPTN 2016. Prodi IPA terdiri atas agribisnis, agroteknologi, kesehatan masyarakat, perikanan, teknik industri, teknik mesin, dan teknik sipil. Sedangkan prodi IPS meliputi, ekonomi pembangunan, ilmu administrasi negara, ilmu komunikasi, dan sosiologi.

3. Institut Teknologi Sumatera (Itera)

Itera resmi menjadi PTN pada Oktober 2014. Itera dirintis dan akan dikembangkan sekaligus dibina oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) selama 10 tahun ke depan. Program studi yang diselenggarakan Itera untuk memenuhi kebutuhan sarjana teknik di Indonesia, khusunya di Sumatera. Terdapat delapan prodi tersedia untuk peserta SNMPTN 2016.

4. Institut Teknologi Kalimantan (ITK)

Proses pendirian ITK berawal dari keinginan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan SDM teknik di luar Pulau Jawa. Setelah tahun lalu penerimaan mahasiswa dilakukan melalui dua jalur, yaitu mandiri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), maka tahun ini merupakan kali perdana ITK akan merekrut mahasiswa melalui SNMPTN. Tahun ini, 10 prodi bisa menjadi pilihan calon peserta SNMPTN 2016 yang ingin mendaftarkan diri di ITK.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini