Lima Negara yang Diam-Diam Punya Kekuatan Militer Dahsyat

Rizka Diputra, Okezone · Rabu 02 Maret 2016 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 02 18 1326013 lima-negara-yang-diam-diam-punya-kekuatan-militer-dahsyat-vqeQLv0kZD.jpg kekuatan militer Turki tak bisa diremehkan (foto: telegraph)

Negara dengan kekuatan militer hebat selalu identik dengan Amerika Serikat, Rusia ataupun Tiongkok. Namun, fakta itu bukan berarti peta kekuatan militer dunia melulu didominasi tiga negara itu. Malah ada beberapa negara punya kekuatan militer yang terbilang mengerikan namun jauh dari gembar gembor pemberitaan.

Sebut saja Pakistan, negara ini memiliki jumlah personil militer aktif terbanyak nomor enam di dunia. Di samping itu, mereka juga memiliki kelengkapan alutsista yang sangat memadai. Ada beberapa negara yang juga memiliki militer sangat kuat selain Pakistan. Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari laman boombastis.com.

India

India dari segi statistik memiliki kekuatan militer luar biasa. Militernya sangat berimbang antara jumlah personel dan juga alutsistanya. Mereka memiliki sekira 1,3 juta personel aktif siap perang. Alutsista yang dimilikinya pun sangar, yaitu sekira 6.464 tank, 679 pesawat tempur, dan 14 kapal selam. Mereka bahkan juga punya kapal induk.

Korea Selatan

Tidak hanya seteru abadinya, Korea Utara, Korea Selatan juga ternyata memiliki kekuatan militer yang tak kalah hebat. Data Global Fire Power, menyebutkan, Korea Selatan berada di peringkat tujuh dunia. Sementara Korea Utara terpaut jauh yakni posisi 36.

Meski kalah dalam jumlah personel dari Korea Utara, Korea Selatan dilengkapi alutsista dahsyat meliputi ratusan pesawat tempur, tank-tank, mobil peluncur rudal, dan belasan kapal selam.

Prancis

Meski jarang terdengar gaungnya, Prancis ternyata memiliki kekuatan militer mengagumkan. Kendati dari statistik kalah tipis dari Inggris, namun Prancis tidak bisa serta merta diremehkan begitu saja.

Sebut saja 200 ribuan tentara aktif lengkap dengan alutsista darat, laut, dan udara membuat armada militernya kian gahar. Prancis di antaranya memiliki tank mencapai 425 unit, 282 buah pesawat tempur, dan 10 kapal selam.

Turki

Belum lama ini Turki sempat terlibat gesekan dengan Rusia yang merupakan negara dengan kekuatan militer nomor dua di dunia. Bukan tanpa alasan jika Turki bernyali besar menembak jatuh pesawat tempur Sukhoi Su-24 milik Rusia beberapa waktu lalu.

Kendati di atas kertas militer Turki kalah jauh dari Rusia, namun dari sisi pasukan Turki jelas tak bisa diremehkan.

Mereka punya sekitar 410 ribu tentara aktif, dan kelengkapan alutsista mumpuni, seperti 3778 tank, 200-an pesawat jet tempur yang siap kapan saja melumat habis musuh-musuhnya.

Taiwan

Siapa sangka negara sekecil Taiwan memiliki kekuatan militer yang cukup hebat. Meski tak sekuat Tiongkok, namun jika dibandingkan dengan negara-negara terkenal macam Korea Utara ataupun Iran, Taiwan bisa dikatakan lebih unggul.

Mereka memiliki jumlah tentara aktif 300 ribuan lebih dan dilengkapi ribuan tank dan ratusan jet tempur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini