nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemdikbud Belum Bahas Aturan Pembatasan HP di Sekolah

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2016 13:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 03 65 1326695 kemdikbud-belum-bahas-aturan-pembatasan-hp-di-sekolah-ABhrmEjqEu.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA - Melalui keterangan tertulis, belum lama ini Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise mengungkapkan, akan membatasi penggunaan handphone (HP) atau telefon genggam di sekolah. Hal tersebut dilakukan menyusul penggunaan HP di sekolah dinilai mengganggu konsentrasi siswa saat jam pelajaran.

"Pembatasan ini akan berlaku di semua jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas," ujar Yohana dalam keterangan tertulisnya.

Yohana memaparkan, kebijakan pembatasan penggunaan, HP di sekolah akan disusun bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag). Namun, menurut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemdikbud, Hamid Muhammad, belum ada pembahasan lebih lanjut terkait kebijakan tersebut.

"Tampaknya belum. Karena belum ada pertemuan level eselon satu untuk membahas hal tersebut (pembatasan penggunaan HP di sekolah)," ujar Hamid melalui pesan singkat kepada Okezone, Kamis (3/3/2016).

Dia menambahkan, penting atau tidaknya kebijakan pembatasan penggunaan HP di sekolah harus melihat sampai regulasi selesai dibuat.

"Tunggu dulu sampai regulasinya final. Atau barangkali dari Kementerian PPPA ada tim khusus yang menyiapkan itu," terangnya.

Berdasarkan keterangan tertulis Menteri Yohana, peraturan tersebut disusun sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman tentang Informasi Layak Anak antara Kementerian PPPA, Kemdikbud, dan Kemenag. "Kita harus menyamakan substansi yang akan diatur agar tidak bertentangan dengan hak anak untuk mendapatkan dan mencari informasi yang dijamin oleh Pasal 10 UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak," tandas Guru Besar Universitas Cenderawasih itu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini