Image

Menerka, Kapan Honda Pasarkan Sepeda Motor Listrik di Indonesia?

Pius Mali, Jurnalis · Senin, 7 Maret 2016 - 10:30 WIB
Ilustrasi Honda EV-Cub dalam sebuah acara diskusi di Depok beberapa waktu lalu (Okezone) Ilustrasi Honda EV-Cub dalam sebuah acara diskusi di Depok beberapa waktu lalu (Okezone)

JAKARTA - Perlahan tapi pasti, PT Astra Honda Motor (AHM) berencana memproduksi dan memasarkan sepeda motor listrik di Indonesia. Namun saat ini kendaraan listrik belum bisa menggantikan sepeda motor bermesin konvensional, sehingga penerapannya membutuhkan proses dan tidak bisa dilakukan sekaligus.

Vice President Director PT AHM Johannes Loman berpendapat, sekali pun direalisasikan sepeda motor listrik baru bisa mengakomodasi mobilitas untuk jarak dekat.

"Menurut saya masih butuh waktu untuk motor listrik. Seperti yang dikatakan oleh Fumihiko, untuk mobilitas jarak 500 meter orang jalan kaki, 1 kilometer lebih naik sepeda, lebih dari itu dia akan butuh sepeda motor listrik. Saat lebih panjang lagi, ya pakai motor konvensional. Lebih panjang lagi, naik moda transportasi lain," jelas Johannes.

Ia menambahkan, merealisasikan sepeda motor listrik membutuhkan waktu panjang. AHM sendiri saat ini belum melakukan persiapan. Studi kelayakan perlu dilakukan sehingga tepat sasaran.

"Saya lihat sih masih panjang ya untuk sepeda motor teknologi listrik saaat ini. Motor yang powerfull itu masih mahal, terus juga jangkauannya pendek, baterainya berat, sehingga masih lebih unggul motor yang reguler. Dan memang benar, in the future perlu energi terbarukan, perlu lingkungan yang baik. Electric vehicle adalah jawabannya," sebut dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming