nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemimpin Oposisi Sudan Meninggal Dunia

Ahmad Taufik , Jurnalis · Senin 07 Maret 2016 15:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 07 18 1329711 pemimpin-oposisi-sudan-meninggal-dunia-0nK2pDjqeG.jpg Ahmed Saeed al-Turabi (kiri) (Foto: AFP)

KHARTOUM – Tokoh politik terkemuka di Sudan, Hassan al-Turabi, meninggal dunia di Khartoum pada usia 84 tahun. Berdasarkan laporan jurnalis Sudan, Ahmad Saeed Al-Turabi wafat  Rumah Sakit Royal Care International.

Hingga saat ini, penyebab meninggalnya Al-Turabi belum diketahui. Tapi, salah satu anggota Popular Congress Party (PCP) menduga Al-Turabi terkena stroke.

Presiden Sudan, Omar al-Bashir sempat mengunjungi rumah sakit tempat Al- Turabi dirawat. Salah satu anggota PCP juga memastikan bahwa dia akan hadir di pemakaman Al-Turabi.

Al-Turabi selama ini dikenal sebagai intelektual Muslim yang sangat kritis. Ia mengkaji ilmu hukum di Inggris dan meraih gelar doktor di Universitas Sarbon, Paris. Pendiri Partai PCP ini juga pernah menjadi dekan Fakultas Ilmu Hukum Universitas Khartoum pada 1964.

Selain dikenal sebagai pemimpin pergerakan Islam Sudan, Al-Turabi juga dapat berbicara dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Arab.

Sebagaimana dikutip dari Aljazeera, Senin (7/3/2016), Al-Turabi adalah satu-satunya politikus yang berani mendukung penahanan Presiden Sudan.

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mendakwa Omar al Bashir karena terlibat kejahatan perang, melawan kemanusiaan, dan melakukan genosida dalam konflik di Darfur.

Selama berkarier di dunia politik, Turabi sempat ditahan pada Januari 2009 setelah mendesak Presiden Bashir menyerahkan diri ke ICC. Di Januari 2014, Al-Turabi dan Al-Bashir akhirnya bersepakat melakukan simposium nasional.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini