nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Pecalang Jaga Malam Pengerupukan di Buleleng

Raiza Andini, Jurnalis · Senin 07 Maret 2016 20:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 07 340 1330079 ribuan-pecalang-jaga-malam-pengerupukan-di-buleleng-rU9GdfyhoV.jpg Pecalang (Foto: Ilustrasi)

BULELENG - Ketua Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP) Buleleng, Dewa Putu Budarsa mengatakan, sebanyak 5.070 pecalang akan mengamankan malam pengerupukan dan juga Nyepi di Buleleng.

Sebanyak 5.070 pecalang akan disebar di setiap Desa Pakraman, 169 desa yang ada di Buleleng akan diamankan oleh 30 pecalang bersama Babinsa dan Babinkamtibnas pada saat malam pengerupukan dan juga Nyepi.

"Ada sekira 30 pecalang yang akan mengamankan setiap desa di malam pengerupukan dan Nyepi," katanya kepada wartawan, Senin (7/03/2016).

Aturan yang harus ditaati peserta pawai ogoh-ogoh pada saat prosesi malam pengerupukan yakni tidak boleh melewati batas Desa Pakraman-nya. "Ini untuk menghindari terjadi gesekan antar-desa saat pawai," ujarnya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pecalang dan juga Kelian Desa Pakraman untuk dapat mengawasi upacara pengerupukan pada saat pawai ogoh-ogoh agar tidak melewati batas.

Kemudian, setiap orang diharapkan tidak keluar dari rumahnya masing-masing tanpa alasan yang kuat pada saat pelaksanaan sipeng. "Kalau ada yang melanggar aturan itu, akan dikenakan sanksi sesuai awig-awig Desa Pakraman masing-masing," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini