nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Gunadarma Bantu Pemda Terapkan E-Government

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Selasa 08 Maret 2016 18:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 08 65 1330810 mahasiswa-gunadarma-bantu-pemda-terapkan-e-government-XxH6QsH6vX.jpg Universitas Gunadarma mendorong dan mendampingi berbagai pemda dalam menerapkan e-goverment. (Foto: Marieska HV/Okezone)

DEPOK – Universitas Gunadarma yang berbasis teknologi komunikasi informatika menjajaki setiap pemerintah daerah untuk mengaplikasikan manfaat teknologi dalam pemerintahan. Salah satu yang digagas yakni dalam bentuk pelayanan publik di bidang manajemen aset di sejumlah pemerintah daerah.

Salah satunya yang sudah berjalan berada di Aceh dan Pekalongan. Di sana mahasiswa dilibatkan untuk memberi pelatihan bagi para PNS serta memberikan pelatihan seputar IT. Tujuannya untuk menciptakan pemerintahan yang berjalan efektif, cepat, dan bersih.

"Kami fokus membantu di bidang Manajemen Aset, kami bantu e-government di Aceh. Implementasi di Aceh banyak ketertarikan hal lain. Tak terlalu sempurna, tapi sudah memenuhi syarat. Sistem ini juga ditangkap bapak kepala daerah Pekalongan," kata Rektor Universitas Gunadarma Margianti, Selasa (8/3/2016).

Pemerintah daerah lainnya adalah Kota Depok, yang merupakan lokasi kampus ini berdiri. Tujuannya untuk menciptakan kota cyber serta kota pintar (smart city).

"Tergantung kesiapan daerah masing-masing. Kami sudah siapkan aplikasinya sama saja. Mahasiswa kami akan membantu menerapkannya dan melatih SDM di Pemkot Depok," ungkap Margianti.

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna menjadi pembicara di depan mahasiswa Universitas Gunadarma menyambut para mahasiswa untuk bekerja sama menjalankan e-government. Tujuannya, kata dia, untuk membangun pemerintah yang efektif dan bersih dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

"Kalau pakai sistem IT akan cepat, bersih tercipta clean government. SDM kami siap agar pemerintahan lebih cepat sejalan dengan smart city," tandas Pradi.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini