Pasca-Gerhana Matahari Total, Pemerintah Mukomuko Berencana Bangun Tugu

Demon Fajri, Okezone · Rabu 09 Maret 2016 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 09 340 1331744 pasca-gerhana-matahari-total-pemerintah-mukomuko-berencana-bangun-tugu-HXeRPaN0w0.jpg Masyarakat Mukomuko saat menyaksikan gerhana matahari. (Foto: Demon Fajri/Okezone)

BENGKULU – Gerhana matahari total (GMT) melintasi Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, selama 1 menit 43 detik. Ke depannya, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko bakal mengusulkan pembangunan Tugu Momen GMT di sana.

Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Ramdani, mengungkapkan, pihaknya akan mengusulkan pembangunan Tugu Momen GMT melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017.

''Kita akan usulkan pembangunan Tugu GMT. Namun, sebelumnya akan kita bahas dulu dengan SKPD lainnya,'' kata Ramdani kepada Okezone, Rabu (9/3/2016).

Ia mengungkapkan, hal itu tentunya akan dibahas secara bersama mengenai letak, posisi, bentuk, serta besaran Tugu Momen GMT yang akan dibangun. Setelah adanya pembahasan, ungkap dia, tentunya pembangunan tugu akan diajukan melalui APBD 2017.

''Kita bahas dulu bagaimana idealnya. Itu tentunya akan kita bahas bersama, termasuk besaran dananya berapa,'' ucap Ramdani.

Ia menerangkan, rencana pembangunan Tugu Momen GMT di Mukomuko diusulkan setelah gerhana matahari total terjadi secara sempurna di sana. Tentunya, hal ini dapat dijadikan sebagai momen sejarah yang sangat menarik dan langka.

''Tugu itu nanti sebagai kenang-kenangan untuk masyarakat Mukomuko khususnya dan masyarakat Bengkulu pada umumnya. Saya kira ini harus diabadikan,'' tutur Ramdani.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini