nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Situs Kuno Ditemukan di Tempat Kelahiran Ibunda Jokowi

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2016 13:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 09 512 1331598 situs-kuno-ditemukan-di-tempat-kelahiran-ibunda-jokowi-DYgd45MKAl.jpg (Foto: Bramantyo/Okezone)

BOYOLALI - Situs yang diduga sebuah candi Hindu berumur ribuan tahun ditemukan di desa kelahiran Ibunda Presiden Joko Widodo di Desa Kismoyo, Ngemplak, Sawahan, Boyolali. Tak hanya di desa Kismoyo, situs itupun juga ditemukan didesa terdekat dari Kismoyo, yaitu Desa Giriroto, Nemplak Sawahan, Boyolali, Jawa Tengah.

Penemuan situs kuno tersebut membuat warga di dua desa tersebut mendadak gempar. Apalagi situs kuno tersebut ditemukan bersamaan dengan weton kelahiran Presiden Jokowi dan sehari menjelang terjadinya fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT).

Situs-situs yang diduga berusia ribuan tahun tersebut ditemukan di sebuah lahan yang akan dijadikan perumahaan baru. Tego Dwi Widadi, salah satu warga yang kebetulan relawan Jokowi saat pilpres lalu, mengatakan selain situs yang diduga sebagai sebuah candi Hindu, situs-situs lain berupa bebatuan berukuran cukup besar berbentuk hewan-hewan yang dipuja umat Hindu lainnya, seperti kepala sapi, serta batu lumpang juga ditemukan.

Menurut Tego, penemuan situs-situs ini terjadi saat kawasan tersebut tengah digali untuk sebuah perumahan. Saat tengah digali itulah, ditemukan sebuah batu berbentuk kepala sapi berdiameter 5x5 meter.

"Itu belum sampai kedalam penggalianya. Ukurannya sudah segitu. Mungkin ukurannya jauh lebih besar kalau sudah digali seluruhnya. Terus yang batu lumpang berdiameter 1x1 meter persegi pun ditemukan," papar Tego kepada Okezone, di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (9/3/2016).

Menurut Tego, temuan situs kuno ini sangatlah istimewa. Selain jumlahnya situs kuno ini cukup banyak yang ditemukan. Juga ditemukan di desa di mana Ibunda Presiden Joko Widodo dilahirkan. Temuan Situs ini, ungkap Tego, mengindikasikan adanya sebuah tempat pemujaan masyarakat Hindu pada masa lalu.

Temuan akan segera dilaporan pada Balai Cagar Budaya untuk segera dilakukan penggalian dan penelitian. Sebab, diduga di lokasi dimana situs peninggalan kuno ini ditemukan, masih banyak lagi yang masih terpendam dan belum digali seluruhnya.

Seiring penemuan situs kuno ini, masyarakat dari dua desa yang letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar langsung menggelar syukuran. Selain syukuran dengan ditemukannya situs kuno tersebut, merekapun memperingati weton kelahiran dari Presiden Joko Widodo.

Pantauan Okezone semalam, lokasi di mana situs-situs tersebut ditemukan, ramai dikunjungi. Meski hujan baru saja selesai mengguyur dan tanah becek, warga tak memperdulikannya. Meski tak dihadiri satupun dari kerabat Presiden Jokowi. Namun, syukuran yang mereka gelar di lokasi dimana situs-situs ini ditemukan, berjalan meriah. Uniknya, mulai dari jalan masuk menuju lokasi dimana situs-situs ini ditemukan, warga memasang obor-obor dalam jumlah yang cukup banyak.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini