Pasca-Gerhana, Masyarakat Periksa Mata ke RSUD Mukomuko

Demon Fajri, Okezone · Kamis 10 Maret 2016 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 10 340 1332304 pasca-gerhana-masyarakat-periksa-mata-ke-rsud-mukomuko-wUHCv5Ox2E.jpg Foto: ilustrasi Okezone

BENGKULU - Satu hari setelah gerhana matahari total (GMT) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini masyarakat daerah tersebut mulai berdatangan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko.

Kedatangan pasien itu untuk memeriksa mata lantaran terasa perih usai menyaksikan gerhana dengan mata telanjang. Perawat Mata, RSUD Mukomuko, Sri Febrini, membenarkan bahwa banyak warga yang memeriksakan matanya ke rumah sakit tempat dirinya bekerja.

''Sampai pagi ini sudah ada pasien yang memeriksakan mata ke bagian mata. Pemeriksaan itu setelah gerhana matahari di Mukomuko kemarin,'' kata perempuan yang akrab disapa Rini kepada Okezone, Kamis (10/3/2016).

Rini mengungkapkan, keluhan pasien yang memeriksa mata di RSUD Mukomuko adalah kepala terasa pusing, mata terasa silau dan pedih. Kondisi itu terjadi usai pasien melihat gerhana matahari di Mukomuko.

''Pagi ini sudah tiga pasien yang memeriksa mata,'' ucap Rini.

Dari keluhan itu, ia menuturkan, pihaknya telah memberikan obat antibiotik dan obat lainnya guna mengurangi rasa perih di bagian mata pasien.

Sementara untuk pemeriksaan mata, Rini mengatakan, nantinya mata pasien diperiksa dokter spesialis mata dari RSUD M Yunus Bengkulu. Hal itu lantaran, menurutnya, dokter spesialis mata hanya datang dua kali dalam sebulan ke RSUD Mukomuko.

''Sekarang sudah ditanggulangi dengan pemberian obat kepada setiap pasien. Kalau pemeriksaan mata pasien dianjurkan datang kembali tanggal 21 Maret ke RSUD Mukomuko,'' ujarnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini