nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOPKAMPUS: Indonesia Beri Visa Pelajar ke Mahasiswa Asing

Neneng Zubaidah, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2016 18:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 10 65 1332457 topkampus-indonesia-beri-visa-pelajar-ke-mahasiswa-asing-GGJUtEAWIM.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Rumitnya penerbitan visa membuat tidak banyak mahasiswa asing berminat meneruskan studi di Indonesia. Namun, kini ada visa pelajar (student visa) yang bisa dimanfaatkan pelajar internasional.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir mengatakan, dalam sejarah, baru kali ini pemerintah menyediakan visa pelajar. Padahal cita-cita pemerintah sejak dulu adalah ingin menjadikan pendidikan tinggi Indonesia berkelas dunia. Sementara fasilitas visa bagi mahasiswa asing hanya disediakan visa regular. Visa regular ini pun hanya berlaku beberapa bulan lalu setelah itu mahasiswa asing harus dirumitkan dengan birokrasi perpanjangannya kembali.

"Kami sudah bekerjasama dengan Kemenkumham untuk membuat visa khusus mahasiswa ini. Visa ini sudah berlaku sejak akhir tahun kemarin," kata Nasir kepada KORAN SINDO di Jakarta, belum lama ini.

Mantan Rektor terpilih Universitas Diponegoro (Undip) itu menerangkan, untuk mendukung pembuatan student visa ini, akan dibangun international office (kantor urusan internasional) di setiap perguruan tinggi. Dengan adanya kantor tersebut, maka segala urusan keimigrasian cukup dilakukan di sini tanpa perlu datang ke Kemenkumham.

Diketahui, di Malaysia, setiap mahasiswa asing diwajibkan datang ke internasional office untuk mengurus paspor dan visa. Visa pelajar pun sudah bisa diambil setelah 10 hari. Staf di kantor ini yang aktif menjadi penghubung kementerian pendidikan tinggi dengan keimigrasian.

Nasir menuturkan, dengan adanya visa pelajar ini, maka jumlah mahasiswa asing akan bertambah. Dia mengakui, saat ini jumlah mahasiswa asing di Indonesia masih sangat kecil. Hal ini berbeda dengan jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri. Selain bisa menambah jumlah mahasiswa asing, maka Indonesia yang memiliki perguruan tinggi yang berkualitas pun akan semakin mudah dikenal di luar negeri.

"Jika visa pelajar ini bisa meningkatkan jumlah mahasiswa asing hingga lima persen, maka itu sudah sangat luar biasa," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini