Image

Undip Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia

Agregasi · Jum'at, 11 Maret 2016 - 18:38 WIB
Konferensi pers Kontes Robot Indonesia di Undip. (Foto: dok. KR) Konferensi pers Kontes Robot Indonesia di Undip. (Foto: dok. KR)

SEMARANG - Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional III (wilayah Jateng, DIY, Kalimantan) bakal digelar di kota Semarang 21-23 April 2016. Universitas Diponegoro (Undip) menjadi tuan rumah kontes robot skala nasional ini.

Pembantu Rektor III (Bidang kemahasiswaan) Undip Budi Setiyono PhD didampingi Ketua Pelaksana KRI Regional III Dr Abdul Syakur ST MT dan Ka Humas Undip Nuswantoro Dwiwarno (Nunus) kepada pers di kampus setempat menyatakan, KRI Regional III diikuti 36 PTN/S. Program KRI ini bagian kerja Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) Kemenristekdikti .

"Kontes Robot Regional III ini digelar untuk memperolah tiket ke final KRI 1-6 Juni 2016 di PENS Surabaya. Beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Semarang seperti Undip, Unnes, Polines, USM, Udinus, Unissula, Unika. UPGRIS, Atem dan Unwahas juga akan ikut," ujar Budi, seperti dilansir Kedaulatan Rakyat, Jumat (11/3/2016).

Abdul Syakur menambahkan, ada 92 peserta dari enam divisi yang ikut lolos seleksi tahap dua untuk maju ke regional tahap tiga. Mereka adalah 17 peserta dari Divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), 25 peserta dari Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki, 26 peserta dari Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda, enam Devisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), 16 peserta dari Divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) serta dua peserta dari Divisi Eksebisi Robot Sepak Bola Indonesia (ERSBI) yang langsung berlaga tingkat nasional. Sehingga jumlah peserta yang akan berlaga di KRI regional III berjumlah 90 peserta dari lima divisi yang ada.

"Khusus untuk Divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), tahun ini tema yang diusung adalah Tari Topeng Betawi sehingga robot-robot divisi ini diharapkan bisa dengan apik menari saat musik dimainkan panitia serta didandani kostum yang bagus pula," ujar Abdul Syakur.

Pada ajang KRI Regional III ini Undip berhasil mengikutkan lima tim yang mewakili tiap divisi yang ada yaitu Robot Bandhayuda (KRAI), Robot EWS Andromeda (KRPAI Berkaki), Robot EWS Barracuda (KRPAI Beroda), Robot EWS Bascorro (KRSBI) dan Robot MCA Charissa (KRSTI).

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming