Share

Liga Arab Mencap Hizbullah Kelompok Teroris

Emirald Julio, Okezone · Sabtu 12 Maret 2016 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 12 18 1333879 liga-arab-mencap-hizbullah-kelompok-teroris-Y7X7SIjF81.jpg Foto pasukan Hizbullah (Foto: Ridge Political Review)

KAIRO โ€“ Kantor berita Mesir MENA pada Jumat 11 Maret menyatakan Liga Arab secara resmi telah mencap kelompok militan Hizbullah sebagai organisasi teroris.

MENA mewartakan keputusan ini diambil pada pertemuan para Menteri Luar Negeri (Menlu) dari negara-negara yang menjadi anggota Liga Arab. Kesepakatan ini dikabarkan diambil sesuai dengan keputusan Arab Saudi dan enam negara Teluk lainnya pada awal bulan ini yang menyatakan bahwa kelompok Hizbullah adalah teroris.

โ€œKomiter Menlu Liga Arab telah memutuskan pada Jumat untuk memandang kelompok Hizbullah sebagai organisasi teroris,โ€ berdasarkan pernyataan dari Liga Arab, sebagaimana dilansir dari Reuters, Sabtu (12/3/2016).

Walaupun ini keputusan dari Liga Arab, namun Duta Besar Arab Saudi di Kairo, Ahmed Qatta mengatakan bahwa keputusan ini tidak bulat karena Lebanon dan Irak memilih untuk abstain pada saat pemungutan suara.

Terdapat indikasi bahwa tindakan Liga Arab ini dilakukan demi menekan pergerakan kelompok Hizbullah yang terus bertempur di sisi Presiden Suriah Bashar al-Assad, karena Arab Saudi sendiri sudah kerap mengatakan bahwa salah satu cara Suriah mencapai perdamaian adalah dengan mundurnya Assad dari jabatannya.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini