Rudal Aktif Tujuan AS Ditemukan Dalam Pesawat Penumpang

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 14 Maret 2016 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 14 18 1335330 rudal-aktif-tujuan-as-ditemukan-dalam-pesawat-penumpang-GpGJ4guqCO.jpg AGM-114R Hellfire II. (Foto: Wikipedia)

BELGRADE – Dua rudal udara ke darat (air to surface) berhulu ledak aktif yang ditemukan di dalam sebuah pesawat penumpang di Bandara Nikola Tesla, Serbia, memicu penyelidikan dari pihak berwenang. Kedua rudal itu ditemukan dalam sebuah peti kayu dengan dokumen yang menyatakan Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS) sebagai tujuannya.

Maskapai Air Serbia telah membenarkan bahwa paket yang dirahasiakan itu ditemukan oleh anjing pelacak di dalam sebuah pesawat penumpang.

“Kami mengonfirmasi bahwa paket yang menuju tempat jauh telah ditemukan hari ini di Bandara Belgrade,” demikian pernyataan dari maskapai Air Serbia, sebagaimana dilansir Sputnik, Senin (14/3/2016).

Belum diketahui seiapa pengirim rudal-rudal itu dan dari mana asalnya.

Kedua rudal tempur yang masing-masing memiliki panjang 1,5 meter tersebut diduga berjenis AGM-114 Hellfire, sebuah rudal presisi yang dapat digunakan dari darat, laut, dan udara, termasuk menggunakan pesawat tanpa awak (drone). Setiap unit rudal berharga USD100 ribu atau sekira Rp1,3 miliar dan dapat menjangkau hingga 8 kilometer dengan kecepatann 1,3 mach.

Peristiwa ini menjadi penemuan kedua AGM-114 setelah pada Februari Pemerintah Kuba mengembalikan rudal serupa yang ternyata salah kirim. Seperti juga kejadian kali ini, rudal tersebut ditemukan otoritas Kuba dalam pesawat Air France yang mendarat di Havana.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini