nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Wacana Penutupan, Penghuni Sarkem Sudah Mengalami Penurunan

Markus Yuwono, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2016 16:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 17 510 1338621 tanpa-ada-wacana-penutupan-penghuni-sarkem-sudah-mengalami-penurunan-fz9lE0LnxY.jpg Pasar Kembang (Sarkem)

YOGYAKARTA - Ketua RW 03, Sosrowijayan Kulon, Kota Yogyakarta, Sarjono mengatakan, tanpa adanya wacana penutupan lokasi prostitusi di kawasan Pasar Kembang (Sarkem) Kota Yogyakarta, para pekerja seks komersial (PSK) yang ada di wilayah tersebut sudah mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Sarjono mengungkapkan, pada tahun 2009 ada 520 orang wanita PSK di wilayah tersebut, namun, hingga akhir tahun 2015 tersisa 280 orang PSK.

"Mulai tahun 2010 kami mengetatkan PSK yang masuk. Bahkan sudah dilarang, maka terus menurun jumlahnya," kata Sarjono saat berbincang dengan Okezone, Kamis (17/3/2016).

Sarjono menambahkan, menurunnya jumlah penghuni Sarkem karena berbagai faktor, diantaranya sudah kembali ke daerahnya, atau karena alasan sudah mulai tua hingga memutuskan untuk pensiun. "Mereka kembali ke daerahnya masing-masing," ujarnya.

Pembatasan penghuni ini, menurut Sajono dilakukan untuk memudahkan pengawasan, sehingga tidak terjangkit penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS yang dikhawatirkan menjangkiti seluruh penghuni.

"Kami sudah mewajibkan penggunaan kondom sejak beberapa tahun terakhir," jelasnya.

Sarjono mengatakan, pihaknya juga mewajibkan pemeriksaan rutin kepada penghuni, selain itu juga memberikan pelatihan kewirausahaan agar para PSK dapat mencari penghasilan di luar menjajakan diri. "Untuk sisi agama, kami rutin menggelar pengajian," pungkasnya.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini