Image

Jadi Universitas, Ini Misi Prasetiya Mulya

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2016, 19:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 17 65 1338581 jadi-universitas-ini-misi-prasetiya-mulya-TDqcuRWOD5.jpg Konferensi pers peluncuran Universitas Prasetiya Mulya. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

SERPONG - Berdiri sejak 1982, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prasetiya Mulya resmi bertransformasi menjadi Universitas Prasetiya Mulya. Perubahan nama tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikt) Nomor 87/KPT/I/2015.

Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof Dr Djisman Simandjuntak menceritakan, mengubah STIE menjadi sebuah universitas bukanlah hal mudah. Selain persyaratan mengenai jumlah minimum prodi, beberapa kualifikasi lainnya, seperti dosen, mahasiswa, dan sarana prasarana kampus juga harus disiapkan secara matang.

"Pemerintah saat ini mengarahkan kepada program studi (prodi) STEM. Kemudian jumlah dosen setiap prodi juga harus terpenuhi. Itu semua sudah disiapkan sebelum keluarnya izin," tuturnya dalam konferensi pers usai peresmian Universitas Prasetiya Mulya di ICE Serpong, Tangerang, Kamis (17/3/2016).

Djisman menjelaskan, dengan tersedianya 11 prodi, pihak kampus menargetkan pada Agustus 2017 mendatang mampu memiliki 15 ribu mahasiswa. Dia sendiri tak mengkhawatirkan soal rasio dosen dan mahasiswa lantaran Universitas Prasetiya Mulya memiliki jumlah dosen tetap yang memadai.

"Rasio dosen selalu dikontrol. Dari awal Prasetiya Mulya sudah punya dosen tetap dan selalu menambah dosen. Saat ini total ada 92 dosen. Terkait jumlah mahasiswa, mulai sekarang kami jemput bola, supaya mahasiswa nanti beragam," papar Wakil Rektor Prasetiya Mulya, Prof Dr Djoko Wintoro.

Djoko menjelaskan, saat ini kekuatan Universitas Prasetiya Mulya ada di bisnis. Namun, dengan adanya prodi-prodi teknik diharapkan mampu disinergikan, mengingat kampus sudah banyak bekerjasama dengan berbagai perusahaan.

"Kerjasama dengan pelaku bisnis tidak sekedar proses, tetapi sampai merancang platform yang bisa menghasilkan start up. Kami hanya ingin jika lulusan nanti tidak kesusahan mencari kerja karena memang jurusan tersebut dibutuhkan," imbuhnya.

Universitas Prasetiya Mulya menawarkan 11 prodi yang terdiri dari dua prodi yang sudah berjalan, yakni program sarjana Accounting dan Management. Serta sembilan prodi baru yang akan diluncurkan secara bertahap pada 2017/2018, meliputi bisnis pariwisata, hukum bisnis internasional, ekonomi bisnis, matematika bisnis, software engineering, computer engineering, product design engineering, food technology, dan energy engineering.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini