nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kampus Terbaik untuk Belajar Bahasa & Sastra Indonesia

Afriani Susanti , Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2016 06:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 17 65 1338804 kampus-terbaik-untuk-belajar-bahasa-sastra-indonesia-ZMkYiB1zSj.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA - Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Walaupun kian banyak mahasiswa tertarik mempelajari budaya dan bahasa asing, hal tersebut tidak menyurutkan eksistensi jurusan sastra Indonesia di sejumlah kampus di Indonesia.

Buktinya, sejumlah perguruan tinggi yang memiliki jurusan program studi (Prodi) Sastra Indonesia ini selalu diminati dalam berbagai seleksi penerimaan mahasiswa baru. Berikut ini, kampus terbaik untuk menempuh studi Sastra Indonesia, sesuai peringkat akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Universitas Diponegoro (Undip)

Berdiri sejak 9 Januari 1957, kampus yang dibidani Soedarto, Dan Soelaiman, Soesanto Kartoatmojo dan Bardjo ini membuktikan kualitas mereka selama lebih dari lima dekade. Bahkan, akreditasi A pada prodi Sastra Indonesia sudah dikantongi Undip sejak 2008.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Salah satu kampus kebanggaan negeri ini juga menjadi kampus yang memiliki prodi Sastra Indonesia terbaik. Almamater Presiden RI Joko Widodo ini meraih akreditasi A pada prodi Sastra Indonesia sejak 2009.

Universitas Indonesia (UI)

Kampus hijau di Indonesia ini juga menjadi rumah bagi mahasiswa pecinta Bahasa dan Sastra Indonesia. Eksistensi prodi tersebut di UI dikukuhkan dengan meraih akreditasi A sejak 2013.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Tidak hanya mencetak calon guru, kampus yang berdiri sejak 1964 ini juga unggul dalam prodi Bahasa dan Sastra Indonesia. UNJ meraih akreditasi A pada prodi tersebut sejak tahun lalu.

Universitas Sanata Dharma

Universitas katolik yang berada di Yogyakarta ini menjadi satu-satunya kampus swasta yang memiliki prodi Bahasa dan Sastra Indonesia terbaik. Kampus ini mengantongi akreditasi A pada prodi tersebut dari BAN-PT sejak 2013.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini