Pemerintah Malaysia Pantau Aktivitas Muslim Liberal

Ahmad Taufik , Okezone · Jum'at 18 Maret 2016 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 18 18 1339854 pemerintah-malaysia-pantau-aktivitas-muslim-liberal-0isHnKbTtJ.jpg Mesjid di Malaysia (Foto: AP)

KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia akan menindak kelompok Muslim liberal serta meningkatkan pemantauan terhadap orang-orang yang dianggap telah menyimpang dari ajaran agama Islam. Datuk Seri Jamil Khir Baharom, menteri urusan Islam, mengatakan pemerintah juga akan melakukan sensor terhadap publikasi yang dianggap liberal, baik di media cetak maupun internet.

Menegaskan sikap pemerintah terhadap liberalisme sejak 2006, Jamil mengatakan ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk membawa pihak yang menyimpang supaya kembali ke ajaran agama tradisional. Deklarasi tersebut dibuat oleh Dewan Fatwa National, badan pengawas federal yang bertanggung jawab mengeluarkan saran agama kepada masyarakat Muslim.

Mengutip dari The Star, Jumat (18/3/106), Jamil mengatakan penafsiran liberal terhadap agama adalah menyimpang dari iman dan hukum Syariah. Ia menyatakan tindakan keras akan menjadi upaya bersama antara berbagai otoritas agama, termasuk Departemen Pembangunan Islam Federal dan Departemen Urusan Islam.

Terkait masalah ini, Jamil mengatakan Dewan Ulama Malaysia akan mengeluarkan fatwa secepatnya untuk mencegah penyebaran ajaran menyimpang. Meski demikian, dirinya akan mengambil pendekatan persuasif dengan melakukan pembicaraan dan mengadakan seminar dengan berbagai kelompok.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini