nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Ada Reshuffle, Jokowi Akan Berikan Kursi ke PDIP

Feri Agus Setyawan, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2016 10:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 19 337 1340225 jika-ada-reshuffle-jokowi-akan-berikan-kursi-ke-pdip-ydWxBSUzWp.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Wacana reshuffle Kabinet Kerja Presiden Jokowi Widodo sempat berembus pada awal 2016. Namun, perombakan kabinet jilid II yang diembuskan itu tak benar-benar terjadi.

Wartawan senior, Budiarto Shambazy mengatakan, jika memang nantinya me-reshuffle kabinetnya, Jokowi sudah pasti mengutamakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Kalau ada pergantian kabinet, presiden akan mengutamakannya untuk PDIP," kata Shambazy dalam diskusi "Reshuffle (Jadi) Lagi?" di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/3/2016).

Menurutnya, hal itu menyusul hubungan baik yang kembali terbangun antara Jokowi dengan para partai pendukungnya, terutama dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Namun, Shambazy meragukan perombakan akan terjadi dalam waktu dekat ini. Pasalnya, kabinet mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah berada di jalur yang benar.

"Ngapain ganti menteri. Ini sudah on the track, meski secara umum menteri itu jabatan politik tak berkaitan dengan profesi seseorang," tuturnya.

Sementara itu, aktivis antikorupsi, Ridaya Laode Ngkowe, menilai perombakan kabinet Jokowi nantinya dipengaruhi juga oleh para pelaku politik yang belum mendapatkan “jatah”. Jadi, kelompok tersebut akan terus mewacanakan reshuffle kabinet.

"Ada banyak pelaku politik yang kalah bersaing. Kelompok ini yang memainkan wacana pentingnya reshuffle. Mereka-mereka ini punya peranan," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini