nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Segera Digusur, Warga Eks Lokalisasi Tanjung Elmo Mulai Pindah

Edy Siswanto, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2016 12:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 23 340 1343614 segera-digusur-warga-eks-lokalisasi-tanjung-elmo-mulai-pindah-FGPe00lCHd.jpg Warga eks lokalisasi Tanjung Elmo mulai memindahkan barang-barang (Edy Siswanto/Okezone)

SENTANI – Para penghuni wisma dan rumah warga di bekas lokalisasi Tanjung Elmo, Sentani, Kabupaten Jayapura mulai memindahkan barang-barang berharganya. Hal ini dilakukan menyusul rencana penggusuran yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.

Ketua RW 3, RT 1 Kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Thosan mengatakan, ada sebanyak 12 wisma dan rumah yang akan digusur oleh Pemkab Jayapura. Seluruhnya juga sudah mendapatkan ganti rugi sebesar Rp550 juta.

"Harga itu merupakan harga ganti rugi untuk tanah dan bangunan. Lima Ratus ribu per meter untuk tanah bersertifikat, dan limapuluh ribu per meter untuk bangunan," katanya, Rabu (23/3/2016).

Menurut Thosan, kompensasi yang diberikan ini sudah disepakati dan tidak akan dirubah lagi.

"Sesuai dengan pertemuan dengan tim terpadu, bahwa harga kompensasi tersebut sudah disepakati, dan tidak bisa dinaikkan lagi. Dalam pertemuan itu juga di sampaikan bahwa jika warga masih menolak, maka akan diterapkan kompensasi ganti rugi lahan dan bangunan sesuai dengan undang-undang yang berlaku yakni UU Nomor 2 tahun 2012, dimana per meternya dikenakan biaya Rp189 ribu," ujar dia.

Untuk mengamankan jalannya eksekusi, sejumlah aparat, baik dari TNI/Polri maupun Satpol PP telah diturunkan ke lokasi. Rencananya, lokasi bekas lokalisasi Tanjung Elmo oleh Pemkab Jayapura akan dirubah menjadi lokasi wisata kuliner.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini