Polisi Thailand Bongkar Sindikat Narkoba Asal Malaysia

Emirald Julio, Okezone · Kamis 24 Maret 2016 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 24 18 1344801 polisi-thailand-bongkar-sindikat-narkoba-asal-malaysia-zC43a5EE0R.jpg Polisi Thailand mengumpulkan barang bukti narkoba yang berhasil disita dari wilayah Segitiga Emas (Foto: Malaysiaedition.net)

BANGKOK – Polisi Thailand menangkap 15 warga Negara Malaysia ketika mencoba menyelundupkan heroin dan sabu-sabu yang bernilai miliaran rupiah dengan menggunakan kereta.

Penyidik mengatakan, sindikat ini membawa narkoba dari Thailand Utara menuju Kota Buttersworth di Malaysia.

“Kelompok ini memilih memindahkan narkoba mengunakan kereta dibanding menggunakan mobil karena mobil lebih berisiko akibat harus melewati beberapa pos penjagaan,” kata Letjen Thitiraj Nhongharnpitak, Komandan dari Biro Pusat Investigasi Thailand, sebagaimana dilansir dari The Star, Kamis (24/3/2016).

Polisi berhasil menangkap anggota sindikat ini pada Rabu 23 Maret karena mendapatkan infomasi bahwa dua tersangka di kelompok ini sedang membawa sabu-sabu seberat 23 kilogram (kg).

Kepolisian Thailand menuturkan, para petugas membutuhkan beberapa kali berpindah kereta api di rel yang menbentang dari Thailand hingga Malaysia. Namun, perjalanan itu tidak sia-sia karena perjalanan tersebut berbuah penangkapan 12 tersangka dan polisi berhasil menyita 226 kg sabu-sabu dan 8 kg heroin.

Thailand memang menjadi negara yang kerap menjadi sarang produsen dan penjualan narkoba, karena produksi barang terlarang ini biasanya dilakukan di wilayah yang disebut sebagai Segitiga Emas.

Segitiga Emas adalah wilayah yang menjadi pertemuan antara perbatasan Myanmar, Laos serta Thailand.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini