Mobil Hidrogen Hyundai ix35 Bisa Hasilkan Listrik untuk 10 Rumah

Anton Suhartono, Jurnalis · Senin 28 Maret 2016 00:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 26 15 1346169 mobil-hidrogen-hyundai-ix35-bisa-hasilkan-listrik-untuk-10-rumah-X6JmzQGPES.jpg Mobl fuel cell hidrogen Hyundai ix35 digunakan sebagai pembangikit listrik untuk rumah (Hyundai)

AMSTERDAM - Para ahli dari Delft University of Technology, Belanda, berkerja sama dengan Hyundai Motor berhasil mentransformasikan listrik pada mobil fuel cell hidrogen untuk penggunaan sehari-hari di rumah. Dengan membuat soket di mobil, mereka bisa menghubungkan energi listrik yang dihasilkan dari mobil hidrogen ke fasilitas di rumah.

Sebagai bahan percobaan, para ahli yang dipimpin oleh Ad van Wijk, menggunakan mobil hidrogen Hyundai ix35 untuk menghasilkan listrik perumahan.

Hyundai ix35 mampu memiliki kapasitas fuel cell hingga 10 kW yang sanggup memenuhi kebutuhan listrik untuk 10 rumah.

Kepala Kendaraan Listrik Fuel Cell Hyundai Frank Meijer mengatakan, hasil temuan timnya merupakan langkah besar ke depan untuk membuat sumber tenaga listrik yang ramah lingkungan.

"Fuel cell bisa memproduksi listrik. Air panas dan air bersih yang dihasilkan dari proses kerja hidrogen juga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di rumah, sekolah, maupun perkantoran. Kami bangga mobil pertama yang mampu menghasilkan energi yang bersih ini adalah ix35," kata Meijer seperti dikutip dari Daily Mail.

Hasil kerja para anak buah Wijk dengan memodifikasi fuel cell hidrogen menjadi sumber listrik untuk rumah merupakan bagian dari proyek besar Delft. Sementara itu ide penggunaan mobil sebagai sumber listrik didasarkan bahwa sebagian besar warga hanya menggunakan mobil pada saat-saat tertentu. Artinya, mobil lebih sering diparkir di garasi ketimbang digunakan. Karena itu, mobil bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik bagi rumah.

Jika mesin konvensional menghasilkan gas buang seperti CO2, maka kendaraan hidrogen hanya menghasilkan air. Karena itu penggunaannya sangat menguntungkan bagi lingkungan.

Namun kini mobil hidrogen belum banyak digunakan. Penyebabnya, fasilitas pengisian gas hidrogen masih minim. Para ahli masih mengembangkan teknologi ini untuk menambah daya jelajah kendaraan. Saat ini jangkauan mobil fuel cell listrik jika tabung hidrogen terisi penuh mencapai 500 kilometer.

Pemanfaatan hidrogen sebagai sumber listrik sebenarnya sudah lama dilakukan di Jepang. Hanya saja, proses untuk memproduksi listriknya dilakukan secara mandiri menggunakan alat khusus, tidak dari mobil. Produsen automotif Jepang seperti Toyota dan Honda juga memasarkan kendaraan fuel cell. Toyota Mirai dan Honda FCX sudah dipasarkan saat ini.

Pemerintah Jepang menargetkan pemasangan perangkat fuel cell pada 10 persen rumah di seluruh Jepang atau sebanyak 5 juta unit hingga 2030.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini