nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FSGI Tak Setuju Indeks Integritas Sekolah Diumumkan

Neneng Zubaidah, Jurnalis · Senin 28 Maret 2016 19:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 28 65 1347573 fsgi-tak-setuju-indeks-integritas-sekolah-diumumkan-0DRMpddvRp.jpg Guru sedang mengawas ujian. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak wacana pemerintah yang ingin mengumumkan indeks integritas sekolah yang jelek dari hasil Ujian Nasional (UN) 2016. Indeks tidak perlu disampaikan, terlebih lagi UN sudah tidak lagi menjadi penentu kelulusan.

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti tidak setuju jika indeks integritas UN sekolah yang jelek diumumkan ke publik. Sebab bagi pihaknya untuk tujuan apa mengumumkan hal seperti itu ke publik. Apalagi sudah jelas jika UN sudah tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa.

"Apakah niatnya agar sekolah yang bersangkutan mendapat cambuk meningkatkan prestasi UN. Rasanya kalau niatnya itu maka mengumumkan hal tersebut malah kontraproduktif. Orang cenderung bangga kalau berprestasi bukan yang terjelek," tuturnya ketika dihubungi, Senin (28/3/2016).

Sudah sejak lama dia tidak sepakat adanya indeks integritas yang dipakai Kemendikbud era Anies Baswedan ini. Menurutnya, apa parameter dan formula yang dipakai Kemendikbud untuk mengukur kejujuran provinsi dan sekolah juga tidak jelas. Sehingga jika tidak jelas apa parameternya bagaimana publik tahu indeks itu valid atau tidak.

Retno berpendapat, kejujuran sekolah dan siswa dalam menjalankan UN adalah hal berbeda. Bisa saja masih ada siswa yang jujur melaksanakan UN meski sekolahnya tidak jujur. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini