nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Tanah Berasap dan Mengandung Bara di Aceh

Viona Sekar Bayu, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2016 07:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 29 340 1347945 fenomena-tanah-berasap-dan-mengandung-bara-di-aceh-QkDhe5axIP.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

ACEH - Lahan seluas 300 meter yang terletak di Desa Aramiya, Kecamatan Birem Bayen, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, mengeluarkan asap. Lahan yang terletak di sekitar ladang dan permukiman tersebut, saat ini sangat berbahaya karena panas.

Lahan berasap ini pertama kali dilaporkan warga ke Polres Langsa pada pertengahan Febuari lalu. Kemudian petugas langsung meminta bantuan kepada Badan Lingkungan Hidup setempat serta Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Aceh Timur untuk mengecek kondisi lahan itu.

Di lokasi, tanaman di lahan itu sudah mati dan tanahnya tampak retak-retak dan gembur. Bebarapa titik mudah amblas, bahkan jika diperhatikan secara detail ke dalam retakan lahan tersebut, tampak ada bara api.

Kabagops Polres Langsa Kompol Jatmiko mengatakan saat ini polisi masih menunggu hasil penyelidikan dan tingkat bahaya dari lahan berasap tersebut. Hasil sementara yang diperoleh, lahan tersebut mengandung karbondioksida yang lebih dari 40 persen. Bahkan mengandung batu bara namun masih rendah.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini