Naskah UN Dijamin Tidak Bocor

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2016 18:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 29 65 1348463 naskah-un-dijamin-tidak-bocor-NEEkD5SSFs.jpg Soal UN sudah tiba di Mapolres Bangkalan. (Foto: Syaiful Islam/Okezone)

BANGKALAN – Naskah ujian nasional (UN) untuk SMA dan sederajat di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dijamin tidak akan bocor. Pasalnya saat ini naskah tersebut disimpan di Mapolres Bangkalan.

Tidak hanya itu, ruangan juga dikunci dengan dua gembok. Kunci gembok pertama dipegang polres, sedangkan yang kedua dipegang Dinas Pendidikan setempat. Selain itu juga dijaga ketat petugas keamanan.

"Naskah UN di sini dijamin tidak akan bocor, karena dikunci dengan dua gembok. Kunci yang satu dipegang kami, sementara satunya dipegang polisi," terang Kasi Kurikulum SMA dan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Risman Irianto, Selasa (29/3/2016).

Ia menjelaskan, naskah tersebut baru diambil dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, lalu akan didistribusikan ke polsek-polsek pada Sabtu mendatang. Kemudian akan disebar ke lembaga pendidikan yang menggelar UN.

"UN sendiri akan dilaksanakan pada 4–7 April. Kami meminta para peserta lebih bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi UN," paparnya.

Menurut Risman, peserta UN untuk SMA sebanyak 4.080 anak dengan 56 lembaga penyelenggara. Sedangkan untuk MA sebanyak 2.315 peserta dengan 57 lembaga penyelenggara. Disusul SMK sebanyak 2.919 peserta dengan 46 lembaga penyelenggara.

"Kami berharap semua peserta bisa mengikuti UN dan bisa mengerjakan soal dengan baik sehingga mendapat nilai yang bagus," ucapnya.

Sementara Kasat Binmas Polres Bangkalan AKP Choirul Anam menyatakan naskah UN tidak akan bocor karena dijaga anggotanya, serta polisi memegang satu kunci gemboknya.

"Naskah UN kami jamin tidak akan bocor. Kami berharap UN berjalan lancar," tandas Anam. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini