Image

UN Berbasis Komputer, Siswa Jangan Tegang

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2016, 17:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 29 65 1348517 un-berbasis-komputer-siswa-jangan-tegang-6WJFShjdmI.jpg Foto: Ilustrasi (Okezone)

DEPOK – Sebanyak 19 SMA negeri dan swasta di Depok siap menerapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Karena itu, siswa diminta tidak grogi menghadapi ujian dengan metode UNBK.

"Sebenarnya, mereka sudah latihan dari UTS dan berbagai try out, secara langsung enggak akan kaget, dari sisi waktu juga lebih cepat. Enggak bulatkan LJK lagi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pansila, Selasa (29/3/2016).

Herry menambahkan, tahun ini jumlah sekolah negeri yang sudah mengikuti UNBK sudah 100 persen. Sekolah rata-rata sudah menyiapkan segala perangkat meskipun sebagian masih meminjam komputer dari SMP.

"Ada 19 SMA negeri dan swasta. Negeri sudah semua 100 persen, tahun lalu 40 persen. Tahun lalu, empat sekolah negeri. Perangkatnya sudah siap, tahun kemarin kan masih perdana takut-takut agak sulit. Yang susah pengadaan komputernya. Sekarang sejumlah SMP masih meminjamkan komputernya untuk siswa SMA," jelas Herry.

Herry juga meminta seluruh sekolah untuk menyiapkan genset sebagai antisipasi adanya pemadaman listrik. Meski begitu pihaknya juga melayangkan surat kepada PLN.

"Tahun lalu kan sekolah ada yang listriknya padam saat ujian tapi genset enggak ada. Tahun sekarang wajib genset, walaupun kita surati PLN tapi enggak ada jaminan kalau cuaca buruk lalu ada petir," paparnya.

Herry menargetkan tahun selanjutnya seluruh sekolah dapat lebih siap dalam segi perangkat kabel fiber optik agar pelaksanaan UN BK lebih sempurna.

"Yang saat ini kan semi online, jadi dimulai dengan download soal, offline lalu putus, tiap komputer akses server lokal ke kelas, lalu online lagi, kirim ke pusat. Jadi enggak full online karena jaringan berat sebab banyak sekolah belum semua punya akses fiber optik. Tantangan ke depan bagi kami untuk lengkapi jaringan fiber optik," tutupnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini