nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beragam 'Ritual' Jelang Ujian Nasional

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2016 18:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 30 65 1349169 beragam-ritual-jelang-ujian-nasional-DUsmmNtSab.jpg Para siswa berdoa bersama jelang UN. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, setiap siswa sekolah akan menghadapi ujian nasional (UN). Meski bukan lagi sebagai penentu kelulusan, UN tetap memberikan sensasi tersendiri sehingga masing-masing siswa melakukan berbagai persiapan guna meraih hasil yang maksimal.

Jelang UN, tak sedikit sekolah atau siswa yang melakukan berbagai 'ritual' atau kebiasaan yang dipercaya bisa memperlancar proses ujian nanti. Berikut beberapa di antaranya yang berhasil dirangkum Okezone.

1. Minta maaf

Sebelum menghadapi UN, biasanya para siswa meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat, baik kepada keluarga, guru, maupun teman-temannya. Minta maaf sebelum UN dinilai dapat menghilangkan beban pikiran dan membuat hati tenang sehingga pada saat mengerjakan nanti siswa diberi kelancaran menjawab soal. Kegiatan ini tentu positif, tetapi alangkah baiknya tak usah menunggu UN untuk meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan.

2. Doa bersama

Setiap sekolah biasanya menggelar doa bersama sebelum para siswanya menghadapi UN. Acara doa bersama umumnya dibarengi dengan pemberian tausiah atau ceramah kepada siswa. Tak jarang pada kegiatan ini siswa-siswa sampai menangis lantaran teringat orangtua atau merasa terharu karena sebentar lagi akan lulus.

Menurut seorang kepala sekolah di Jakarta, Sunardi, kegiatan doa bersama atau muhasabah tak perlu sampai membuat siswa menangis hingga terisak-isak lantaran hal tersebut justru membuat daya juang mereka menjadi lemah. Baginya, jika memang ingin mengajak siswa untuk bisa bertobat dan mengakui kesalahannya tidak perlu menunggu sampai datangnya UN. Lakukan saja setiap hari, berdoa da menyadari kesalahannya setiap hari.

3. Cium tangan

Cium tangan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk meminta maaf dan memohon doa restu demi kelancaran mengerjakan UN. Hal tersebut seperti yang dilakukan pelajar SMK Negeri 1 Sayung, Demak, Jawa Tengah, baru-baru ini yang melaksanakan cium tangan guru sambil berurai air mata.

Sang kepala sekolah menjelaskan, pendalaman materi pelajaran saja tak cukup bagi siswa untuk mengahadapi UN. Menurut dia, mental siswa perlu dipersiapkan agar tetap tenang saat berhadapan dengan soal-soal ujian, salah satunya dengan memohon doa restu guru.

4. Motivasi

Beberapa sekolah memberikan motivasi kepada para siswa sebelum menghadapi UN. Sang motivator yang dipanggil akan membesarkan hati para siswa untuk yakin bahwa UN bukanlah hal yang menyeramkan. Namun, pada kegiatan ini beberapa di antaranya juga disertai isak tangis siswa, terutama jika mereka mengingat perjuangan orangtua dalam merawat hingga besar. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini