nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengaturan Ruang Kelas saat Ujian Nasional 2016

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Jum'at 01 April 2016 08:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 04 01 65 1351012 pengaturan-ruang-kelas-saat-ujian-nasional-2016-asjWreeqM6.jpg Siswa harus mematuhi aturan dalam pelaksanaan UN 2016. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Namanya juga belajar, tentu harus siap menghadapi ujian. Kali ini, siswa kelas XII SMA/sederajat akan mengikuti ujian terakhir di sekolah, yaitu ujian nasional (UN).

 

Meski begitu, UN tidak sama dengan ujian lainnya seperti ujian harian atau ujian semester. Salah satu perbedaannya, pada ruang kelas yang dipakai saat ujian nasional.

Panduan Operasional Standar (POS) UN 2016 menyebutkan, satu ruang kelas ujian nasional hanya diisi 20 peserta ujian. Setiap ruang ujian ini akan diawasi dua pengawas ruang.

Setiap ruang ujian akan ditempel pengumuman yang bertuliskan "DILARANG MASUK SELAIN PESERTA UJIAN DAN PENGAWAS, SERTA TIDAK DIPERKENANKAN MEMBAWA ALAT KOMUNIKASI". Jadi, nanti peserta UN 2016 akan diminta mengumpulkan semua barang bawaannya di depan kelas. Peserta hanya boleh membawa kartu nomor peserta dan alat tulis.

Setiap ruang ujian nasional 2016 dilengkapi denah tempat duduk peserta ujian dengan disertai foto peserta yang ditempel di pintu masuk ruang ujian. Dengan begini, pengawas ruang akan mudah mengenali peserta mengingat mereka biasanya merupakan guru yang berasal dari sekolah lain.

Nantinya, gambar atau alat peraga yang berkaitan dengan materi ujian nasional 2016 dikeluarkan dari ruang UN. Jadi, enggak akan ada kesempatan untuk menyontek.

Selain itu, satu bangku hanya akan diisi satu peserta UN. Panitia juga akan mempertimbangkan jarak tertentu untuk memisahkan satu meja peserta dengan meja lainnya, minimal satu meter. Peserta akan duduk berurutan sesuai nomor peserta UN 2016.

Setiap meja dalam ruang ujian yang akan dipakai peserta akan ditempeli nomor peserta UN. Nah, peserta tidak akan tahu di mana letak tempat duduk mereka ini hingga pagi hari pertama ujian. (afr)

Selamat bersiap ujian nasional 2016!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini