nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal UN Matematika Tertukar

Syaiful Islam, Jurnalis · Sabtu 02 April 2016 20:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 02 65 1352193 soal-un-matematika-tertukar-AmxYiXNIWu.jpg Naskah soal pada mata pelajaran tertukar. (Foto: Dok. Okezone)

BANGKALAN – Naskah soal Ujian Nasional (UN) 2016 tingkat SMA dan sederajat untuk mata pelajaran matematika di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mengalami kesalahan. Sebab, soal UN pada mata pelajaran tersebut tertukar.

Kesalahan terjadi untuk soal UN milik SMAN 3 Pamekasan. Sehingga untuk pendistribusian soal itu harus menunggu naskah pengganti dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan Mohammad Tarsun mengungkapkan, soal matematika yang seharusnya untuk jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) tapi di kardus tertulis matematika-ilmu pengetahuan sosial (IPS).

”Di kardus tertulis matematika-IPS, tapi dicek di sampul ternyata isinya matematika-IPA,” terang Tarsun kepada wartawan, Sabtu (2/4/2016).

Namun, menurutnya, secara umum pendistribusian soal UN di 13 kecamatan tidak menemukan kendala. Sebab terkait kesalahan tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

”Sudah kita laporkan ke provinsi, sekarang soal tersebut masih dalam perjalanan ke Pamekasan,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, jumlah peserta UN di Pamekasan pada 2016 sebanyak 12.207 yang terdiri dari tujuh subrayon dengan jumlah sekolah yang siswanya akan mengikuti UN yakni 97 madrasah aliyah, 63 SMA, dan 54 SMK. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini