Kunci Sukses Daftar Kuliah di Jepang

Afriani Susanti , Okezone · Minggu 03 April 2016 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 03 65 1352616 kunci-sukses-daftar-kuliah-di-jepang-OUJ5mIQ8Eb.jpg Jepang diminati pelajar internasional sebagai negara tujuan studi. (Foto: Japaneseammo)

JAKARTA - Setiap kampus di berbagai negara pasti memiliki kriteria masing-masing dalam menyeleksi calon mahasiswanya. Bahkan, bisa jadi mereka mencari calon mahasiswa asing dengan kompetensi khusus.

Salah satu penerima beasiswa Pemerintah Jepang, Hayu Sayektiningati menyebut, attitude (perilaku) menjadi hal terpenting yang dinilai dalam seleksi mahasiswa asing. Orang-orang Jepang, kata Hayu, lebih fokus pada proses ketimbang hasil.

"Sehingga proses saat mahasiswa mendaftar sampai mendapatkan beasiswa itu juga menjadi penilaian. Bahkan jika ternyata gagal, panitia seleksi akan menghargai upaya dan kegigihan pelamar dibandingkan dengan anak yang pintar tapi cuek," paparnya ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Penilaian tersebut dilakukan karena mereka ingin melihat kesungguhan hati pelamar beasiswa dalam memperjuangkan sesuatu. Karena itu tidak heran jika mendapatkan beasiswa ke Jepang tidaklah mudah.

"Orang Jepang sangat memerhatikan proses perbaikan diri. Dan proses ini tidak pernah ada habisnya, terus menerus dilakukan. Semakin berfokus pada proses, maka hasilnya akan semakin baik," imbuhnya.

Selain itu, kata Hayu, hal penting lainnya yang harus diperhatikan jika ingin mendaftar kuliah di luar negeri adalah dengan menguasai bahasanya. Tidak harus bahasa Inggris, tapi disesuaikan dengan negara tujuan.

"Belajar bahasanya, entah itu bahasa Inggris, Italia atau Jepang; yang penting belajar bahasanya. Kemudian akan lebih baik lagi jika kita sudah mempersiapkan rencana studi apa saja yang ingin dipelajari. Jadi dua hal itu wajib dipersiapkan," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini