Siswa Tangerang Terima Pesan Berantai Kunci Jawaban UN 2016

Denny Irawan (Koran Sindo), Koran SI · Senin 04 April 2016 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 04 65 1353426 siswa-tangerang-terima-pesan-berantai-kunci-jawaban-un-2016-sMOZxhwYC1.jpg Sejumlah peserta UN bersiap memasuki ruang ujian. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

TANGERANG - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016, beredar kunci jawaban melalui broadcast message di Blackberry Messenger (BBM) para siswa. Kejadian serupa terjadi di Jombang, Jawa Timur.

Seperti yang dikatakan pelajar SMKN 3 Kota Tangerang, Fita, kunci jawaban tersebut dikirim oleh orang yang tidak dia kenal sesaat sebelum UN berbasis komputer dimulai.

"Tadi pagi masuk ke BBM kunci jawaban. Enggak tahu siapa yang ngirim," jelasnya, Senin (4/4/2016).

(Baca juga: SMS Kunci Jawaban UN 2016 Beredar di Jombang)

Namun, Fita mengaku, langsung menghapus pesan tersebut karena tidak mempercayainya. Menurutnya bisa saja kunci jawaban tersebut palsu.

"Soal ujian kan perbedaanya ada 20 jenis, gimana kalau itu jawaban asal," jelas Fita.

Menurut Fita, dia sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi UN 2016 sehingga tidak kesulitan dalam mengerjakannya. Kehawatirannya hanya hanya masalah teknis seperti mati listrik.

"Saya sudah belajar dan sudah simulasi mengerjakan UN berbasis komputer jadi tidak kesulitan. Cuma agak khawatir kalau tiba-tiba mati listrik atau jaringan internet terganggu, tapi Alhamdulillah tadi lancar," jelasnya.

(Baca juga: Bocoran Soal UN 2016 Dibanderol Rp3 Juta)

Kepala SMKN 3 Kota Tangerang Endah Resmiati mengatakan, pihaknya akan menelusuri BBM tersebut. Adapun jumlah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolahnya ada sekitar 356 murid. Mereka memakai 144 unit komputer di empat ruang ujian.

"Satu komputer digunakan bergiliran tiga sif," katanya.

(Baca juga: Bocoran Kunci Jawaban Menyakiti Hati Peserta UN 2016)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini