nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luhut: Perintah Bom Sarinah Datang dari Dalam Penjara

Dara Purnama, Jurnalis · Selasa 05 April 2016 10:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 05 338 1354233 luhut-perintah-bom-sarinah-datang-dari-dalam-penjara-hQJ0oLIHqK.jpg Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemananan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan ada perintah dari dalam penjara terkait tragedi bom di kawasan Sarinah Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat Januari 2016 lalu. (Baca Juga: Terduga Teroris di Malang Tahu Rencana Teror Bom Sarinah)

"Ternyata kita dapat indikasi peristiwa Thamrin ada perintah dalam penjara. Perintah terjadi karena tidak ketat mengawasinya. Ini dilema untuk lembaga pemasyarakatan," kata Luhut saat memberikan arahan pemantapan kepada Kepala Lapas dan Rutan seluruh Indonesia di Graha Pengayoman Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2016).

Luhut sendiri tidak menyebutkan siapa narapidana terorisme yang memberikan perintah dari dalam penjara. Bahkan ketika dikonfirmasi ulang pihaknya enggan menyebutkannya. (Baca Juga: Penanganan Teroris Indonesia Jadi Role Model Dunia)

"Ada perintah dari Nusakambangan ke Raka dari Raka ke Sunakim (Afif). Teroris memang harus dilakukan secara manusiawi (dalam lapas), memang harus diperhatikan agar jangan melakukan perintah dan rekrutmen lagi. Harus dibatasi kegiatannya. Kalau itu dilakukan anda (petugas lapas) membantu akan adanya bom di luar," sambung dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini