Protes Air Terasa Asin, Warga Bakar Ban Bekas di Jalan Raya

Narjo Usman, Okezone · Selasa 05 April 2016 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 05 340 1354385 protes-air-terasa-asin-warga-bakar-ban-bekas-di-jalan-raya-zQgiXqJ0Uy.jpg Massa membakar ban menuntut PDAM Ternate (Narjo Usman/Okezone)

TERNATE - Ratusan masyarakat dan mahasiswa dari Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara, membakar ban bekas dan berusaha memblokir jalan raya depan kantor Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Ternate. Aksi ini sebagai protes terhadap PDAM dalam melayani masyarakat dengan menggunakan air yang terasa asin selama dua tahun terakhir.

Massa mendesak agar PDAM kembali melayani masyarakat untuk dapat mendapatkan air tawar yang layak diminum.

"Kami minta usaha perusahan air mineral di PDAM segera ditutup. Karena kami minum air salobar (asin). Selama dua tahun terakhir kami sudah bosan minum air asin ini," kata salah soerang massa, Bahrun Mustafa saat menyampaikan orasi di depan kantor PDAM Ternate, Selasa (5/4/2016).

Masyarakat juga tidak terima dengan janji-janji PDAM yang tidak direalisasi. Sehingga warga tetap mengonsumsi air asin. (Baca juga: Dua Tahun Air Terasa Asin, Warga Ternate Demo PDAM)

Jika dalam waktu dekat pelayanan belum juga normal, maka masyarakat mengancam tidak akan membayar rekening tagihan.

"Kami tidak akan bayar tagihan karena kami minum air salobar selama dua tahun terakhir ini. Kami minta solusinya kapan terealisasinya," desaknya.

PDAM Ternate, lanjut Bahrun, menjadikan masyarakat layaknya ikan di laut yang membutuhkan air terasa asin. "Kami bukan ikan pak, kami butuh air tawan bukan air asin," jelasnya.

Massa kemudian ditemui perwakilan dari PDAM untuk beraudensi. Selanjutnya massa membubarkan diri secara tertib.‎

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini