Mississippi Izinkan Perusahaan Tolak Layani Pasangan Gay

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 06 April 2016 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 06 18 1355555 mississippi-izinkan-perusahaan-tolak-layani-pasangan-gay-tQFHRE3FZz.jpg Gubernur Mississippi Phil Bryant menyatakan pihaknya melindungi kebebasan beragama (Foto: Reuters)

MISSISSIPPI – Negara Bagian Mississippi telah mengesahkan undang-undang (UU) yang mengizinkan perusahaan menolak melayani pasangan sesama jenis atau gay. Kontan saja UU tersebut dikecam aktivis kemanusiaan karena terang-terangan antigay.

Para pendukung UU mengatakan perangkat hukum itu akan melindungi individu yang menentang pernikahan sesama jenis atas dasar agama dari keharusan untuk berpartisipasi dalam praktik yang membuat mereka jatuh dalam dosa, yakni melayani pasangan sejenis.

Gubernur Mississippi Phil Bryant menyatakan pihaknya hanya bermaksud melindungi kebebasan beragama. Kader Partai Republik itu menolak jika UU tersebut dinilai diskriminatif. “UU ini tidak membatasi hak konstitusional yang dilindungi atau setiap tindakan warga negara bagian di bawah hukum federal atau negara bagian,” ujarnya, sebagaimana dilansir Telegraph, Rabu (6/4/2016).

Namun, UU itu dapat menimbulkan konsekuensi yang merugikan bagi perekonomian Mississippi. UU serupa berhasil disahkan di North Carolina pada Maret 2016. Hasilnya, perusahaan-perusahaan besar mengancam akan menarik investasi mereka.

Perusahaan pembayaran online, PayPal, menyatakan akan berhenti menjadikan North Carolina sebagai pusat bisnis mereka akibat UU tersebut. Langkah serupa diikuti Apple, Google, dan National Basketball Association (NBA) juga menentang UU yang salah satunya melarang transgender menggunakan toilet umum tertentu.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini