Safari Eropa, Jokowi Kunjungi Tiga Negara

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 11 April 2016 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 11 18 1360083 safari-eropa-jokowi-kunjungi-tiga-negara-6vlJCsMgUy.jpg Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan keliling Eropa dari 18-22 April 2016.

JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bersafari keliling Eropa yakni Jerman, Inggris, dan Belgia. Safari dijadwalkan berlangsung pada 18-22 April.

Kunjungan Jokowi kali ini adalah untuk memenuhi undangan pemimpin negara-negara Eropa tersebut. Selain kunjungan yang sifatnya bilateral, maka untuk pertama kalinya seorang Presiden Indonesia akan diterima oleh Presiden Uni Eropa di Brussels, Belgia yakni oleh Presiden Parlemen Eropa, Presiden Dewan Eropa, dan Presiden Komisi Eropa.

"Indonesia merupakan Negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki Comprehensive Partnership Agreement (PCA) dengan Uni Eropa. Sudah sewajarnya bahwa fondasi kuat yang sudah dibangun tersebut dijewantahkan dalam kerjasama konkrit yang menguntungkan rakyat Indonesia dan Negara-negara Uni Eropa," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam konferensi pers untuk menyampaikan agenda safari Presiden tersebut di Kemenlu, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2016).

Kunjungan kali ini akan memperkuat kerjasama dengan mitra tradisional strategis Indonesia dalam menghadapi tantangan global baru. Dari tujuan besar ini, beberapa elemen yang akan diperkuat adalah kerjasama ekonomi, terutama perdagangan dan investasi, isu terkait kerjasama maritim, terorisme, dan kerjasama toleransi.

Mengenai rencana Jokowi ke Belanda, ini pertama kali dalam 16 tahun terakhir Presiden Indonesia sowan ke Negeri Tulip. Almarhum Abdurrachman Wahid atau yang dikenal sebagai Gus Dur adalah presiden Indonesia terakhir yang berkunjung ke Belanda pada 2016.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini