Image

Coba Peluang Kampus Negeri via SBMPTN

Afriani Susanti , Jurnalis · Minggu 17 April 2016, 07:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 14 65 1362993 coba-peluang-kampus-negeri-via-sbmptn-3uLp8lhCgc.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Usai ujian nasional (UN), siswa SMA/sederajat menantikan kabar kelulusan dari sekolah. Sambil menunggu, sebagian di antara mereka bersiap ujian kembali untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Persaingan ketat membuat banyak calon mahasiswa bersiap sejak jauh-jauh hari. Ada yang langsung mendaftar ke bimbingan belajar, ada juga yang sibuk mencari try out untuk menjajal kemampuan akademis mereka.

Namun berbeda dengan Mmahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad), Ragilia Siseana. Dia berhasil menjadi mahasiswa kampus negeri melalui jalur SBMPTN tanpa persiapan khusus.

"Paling cuma ikut try out dan belajar dari buku-buku kumpulan soal SBMPTN saja," ungkapnya ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Mahasiswa jurusan Sastra Prancis tersebut mengaku, hanya coba-coba saat mendaftar SBMPTN. Maklum, dia gagal saat mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Bahkan, jika tetap gagal juga pada SBMPTN, pemegang ijazah SMK itu berencana kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) sembari bekerja.

"Melihat teman-teman kuliah, saya termotivasi kuliah juga. Jadi, saya belajar untuk memperbaiki kesalahan di jalur sebelumnya. Kemudian, mencari lagi apa passion yang ingin dikejar supaya saat kuliah masih nyambung dengan apa yang ingin dipelajari. Selain itu, tentu berdoa," tandasnya. (afr)

Ikuti Try Out Online SBMPTN 2016 Okezone pada 25 April-10 Mei. Peserta dengan nilai tertinggi akan mendapat hadiah menarik.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini