Dua Bus Dipasangi Bom Meledak di Yerusalem

Silviana Dharma, Okezone · Senin 18 April 2016 23:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 18 18 1366286 dua-bus-dipasangi-bom-meledak-di-yerusalem-dEZp2DMmhl.jpg Bom ledakan dua bus di Yerusalem dan lukai 10 warga sipil. (Foto: AFP)

YERUSALEM – Dua bus yang dipasangi bom di Yerusalem meledak dan melukai 10 orang. Pada saat kejadian, bus dalam keadaan kosong. Para korban merupakan warga sipil yang sekadar lewat di dekat bus saat insiden.

“Ketika saya tiba, kedua bus sudah dalam keadaan terbakar dan sepuluh orang dilaporkan terluka. Satu orang di antaranya terluka parah dan sisanya dalam kondisi kritis. Petugas medis segera disiagakan untuk memberikan perawatan,” tutur Kepala Tanggap Bencana Hazolah Bersatu, Mickey Cohen, sebagaimana dikutip dari The Guardian, Senin (18/4/2016).

Terkait pelaku yang sengaja menaruh bom dan menyebabkan ledakan besar tersebut, polisi mengaku belum mendapat kepastian soal itu dan masih berupaya menyelidiki asal ledakan dan pada moda transportasi mana bom itu ditaruh.

Namun begitu, polisi menduga kuat ini ada hubungannya dengan serangan terorisme gaya lama di Yerusalem. Serangan bom bunuh diri yang menyasar bus-bus milik Israel sebelumnya marak terjadi pada 2002-2005. Kebanyakan dilakukan oleh para militan Palestina, sebagai aksi protes terhadap pendudukan sewenang-wenang Israel di tanah suci tersebut.

Ledakan kali ini tepatnya terjadi di Kota Derech Hebron, barat daya Yerusalem. Sangat dekat dengan perbatasan pemukiman ilegal di Tepi Barat. Kawasan yang menjadi perebutan wilayah antara Palestina dan Israel, selama hampir enam dekade terakhir.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini