Tips Belajar Mandiri Siapkan SBMPTN 2016

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Selasa 19 April 2016 10:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 18 65 1366015 tips-belajar-mandiri-siapkan-sbmptn-2016-men8O93tnx.jpg Ilustrasi: suasana ujian tulis SBMPTN. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Para siswa-siswi tingkat SMA dan sederajat kini bisa bernapas lega lantaran ujian nasional (UN) telah usai. Saat ini, mereka sedang menantikan pengumuman hasil UN, sekaligus menunggu jadwal seleksi masuk perguruan tinggi.

Bagi yang ingin lanjut kuliah di kampus negeri, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi salah satu kesempatan emas yang tak boleh dilewatkan. Nah, mumpung masih ada waktu mempersiapkannya, yuk simak tips belajar mandiri berikut ini.

1. Kumpulkan soal-soal

Tipe dan pola soal SBMPTN berbeda dengan UN. Soal jauh lebih kompleks dan membutuhkan analisis tinggi. Oleh karema itu, pahami tipe dan pola soal SBMPTN. Belilah buku bank soal atau fotokopi dari teman. Pelajari juga soal tes kemampuan dasar (TKD) dan trik menjawabnya.

2. Atur waktu belajar

Karena belajar mandiri, disiplinlah dalam mengatur waktu belajar. Belajar termudah adalah dengan mengerjakan soal, sehingga kamu semakin lancar dalam menjawab. Pilih jam belajar yang efektif, seperti pagi atau malam hari masing-masing sekira dua jam. Saat belajar, pastikan kamu fokus dan tidak mengganggu aktivitas lainnya.

3. Manfaatkan belajar kelompok

Belajar bersama teman yang mempersiapkan SBMPTN secara otodidak akan membantumu dalam memecahkan soal-soal yang sulit diselesaikan. Kalian bisa saling berdiskusi dan berbagi soal dengan variasi berbeda.

4. Tanya kepada guru

Jangan sungkan bertanya dengan guru di sekolah bila menemukan kesulitan. Mintalah dengan sopan untuk mengajarimu mengerjakan latihan soal. Cari waktu yang tepat, misalnya setelah guru itu selesai mengajar di sekolah.

5. Ikut try out

Banyak try out yang bisa diikuti tanpa harus bergabung dalam bimbingan belajar (bimbel). Dengan ikut try out, kamu akan memiliki gambaran akan kemampuanmu menjawab soal SBMPTN. Cara ini juga sekaligus menjadi simulasi SBMPTN lantaran menunggu waktu untuk menyelesaikan seluruh soal.


6. Jangan minder

Jangan merasa minder karena kamu belajar sendiri untuk SBMPTN. Persaingan masuk perguruan tinggi memang ketat. Sehingga, mereka yang ikut les belum tentu akan diterima. Yang penting, berusahalah dengan baik dan pantang menyerah.

Nah, bagi kamu yang sedang mempersiapkan SBMPTN, jangan lewatkan Try Out Online SBMPTN Okezone mulai 25 April sampai 10 Mei 2016. Bagi peraih nilai tertinggi akan ada hadiah menarik, lho!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini