nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Padang Keluhkan Kondisi Angkutan Umum

ant, Jurnalis · Rabu 20 April 2016 12:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 20 340 1367739 warga-padang-keluhkan-kondisi-angkutan-umum-gSrlxS06k9.jpg Ilustrasi

PADANG - Warga di Kota Padang, Sumatera Barat, mengeluhkan angkutan kota yang ada di kota tersebut, karena kondisinya kurang nyaman. Untuk itu, warga berharap pemerintah setempat dapat menyediakan angkutan umum yang nyaman dan representatif bagi masyarakat.

"Dengan upaya pembangunan menyeluruh dan penataan kota diharapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang juga menghadirkan transportasi umum yang representatif dan menjangkau semua daerah," kata salah seorang warga, Elie di Padang, Rabu (20/4/2016).

Ia mengatakan, angkutan umum yang ada sekarang justru semakin menjadi alasan masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi. Untuk itu, keberadaan angkutan umum yang representatif diyakini akan menekan angka kemacetan.

"Angkutan kota yang sekarang kurang nyaman, kumuh dan keadaan fisik mobil yang rusak. Angkutan semacam itu, sudah selayaknya dipensiunkan, karena selain polusi suara, sopirnya pun kerap ugal-ugalan. Tentunya warga sudah ingin menikmati angkutan modern namun ramah lingkungan," ujarnya.

Sementara, warga lainnya, Suardi menambahkan, keberadaan Trans Metro Padang juga belum optimal, karena tidak menjangkau daerah pinggiran kota. Sedangkan angkot yang menjadi penghubung jalur tersebut sudah tidak layak jalan dan sopirnya masih perlu dipertanyakan lisensinya.

Diharapkan, keberadaan Trans Metro Padang dapat diarahkan hingga ke daerah pinggiran lokasi permukiman padat, seperti di Kuranji, Indarung, Teluk Bayur.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pihaknya telah menyiapkan terminal sementara untuk angkutan dan upaya pengaktifan kembali kereta api. Menurutnya, kedua sarana tersebut bersama Trans Metro Padang akan menjamin hadirnya angkutan representatif di kota.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini